Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Cara agar Hidup Bisa Konsisten

Kompas.com - 04/10/2022, 19:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Konsistensi adalah kunci terpenting dalam hidup. Bahkan, lebih penting dari sebuah motivasi.

Sebab, konsisten bisa membuat seseorang lebih efisien dalam mencapai tujuannya. Namun, sering kali orang sulit untuk mempertahankan konsistensi.

Ada beberapa penyebabnya, yaitu ketidakpastian situasi, perubahan yang begitu cepat, hingga intervensi dari lingkungan sekitar.

Konon, jika berhasil melewati ketiganya, kita memiliki sikap konsisten yang dapat diperhitungkan.

Meski begitu, Fellexandro Ruby, Founder siniar Thirty Days of Lunch, dalam siniar Obsesif bertajuk “Di Balik Thirty Days of Lunch & Menjadi Underdog” mengungkapkan bahwa ia berhasil mengubah situasi di atas dengan konsistensi.

Melihat kesuksesan Ruby dalam membangun siniarnya, artinya sikap konsisten penting untuk dimiliki oleh semua orang. Lalu, bagaimana cara untuk bisa mempertahankan konsistensi dalam hidup kita?

1. Mulailah Berkomitmen

Dilansir Online Lifeguide, sebelum melakukan sesuatu, kita harus mempunyai komitmen terlebih dahulu. Oleh sebab itu, penting bagi untuk bertanya kepada diri sendiri apakah kita benar-benar ingin melakukannya atau tidak.

Sebab, banyak orang yang tidak sungguh-sungguh dalam memikirnya. Mereka tidak mempertimbangkan proses dan tantangan dalam meraih tujuan dengan matang.

Hal inilah yang membuat mereka sulit konsisten.

Baca juga: Hindari Hal Ini saat Teman Punya Isu Kesehatan Mental

Jika sudah berkomitmen, penting untuk fokus pada proses agar konsistensi tetap terjaga.

2. Fokus Hanya pada Satu Hal

Sayangnya, beberapa orang masih menganggap bahwa multitasking bisa membantu mereka mencapai tujuan lebih cepat. Padahal, mengerjakan banyak hal dalam satu waktu bisa menghambat konsistensi.

Orang-orang yang terjebak dengan pola pikir itu memiliki hasil yang tak optimal. Hal ini disebabkan banyaknya tujuan yang harus dicapai. Sementara itu, kapasitas otak kita hanya mampu memikirkan satu hal.

Itu sebabnya, aturlah tujuan satu per satu. Setelah mengaturnya, kita juga harus mempertimbangkan proses untuk meraih tujuan tersebut dengan efisien.

3. Lakukan dengan Efisien dan Sederhana

Dalam memulai sesuatu, pasti tidaklah mudah. Ada banyak detail kompleks yang bisa memecah belah pikiran. Jika tak mampu mengaturnya, kita bisa memilih proses yang salah dan justru mempersulit diri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com