Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2022, 19:18 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hidup di negara tropis membuat kita lebih sering terpapar sinar UV yang berasal dari matahari.

Sinar UV inilah yang sebagian besar dapat menyebabkan hiperpigmentasi, sehingga membuat kulit kita tampak lebih kusam, kasar, dan jika dibiarkan bisa mempercepat penuaan.

Untuk itu, memproteksi diri dari bahaya sinar UV adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meregenerasi kulit agar flek-flek hitam tidak menjadi berlebihan dan mencegah kulit tampak kusam.

Manfaat berlian untuk mencerahkan kulit

Tak hanya menjadi logam mulia yang berharga untuk sebuah perhiasan, berlian ternyata memiliki manfaat sebagai perawatan kulit.

Caranya adalah sebagai pengelupas kulit kusam atau flek-flek hitam yang muncul di kulit.

Menurut seorang dokter spesialis kulit, Dr Danar Wicaksono, MSc, SpDV, dari hasil riset yang diterbitkan tahun lalu, banyak sekali pemaparan bahan-bahan penting perawatan kulit yang dapat mengatasi kulit kusam seperti salisylic acid, ascorbic acid (vitamin C), arbutin, hingga kojic acid.

Namun, terlepas dari semua bahan-bahan tersebut, Danar mengatakan bahwa berlian juga dapat mengatasi hiperpigmentasi dan membantu mencerahkan kulit.

"Biasanya hiperpigmentasi itu bisa menimbulkan flek-flek hitam, atau kalau pigmennya berkumpul jadi satu akan membuat kulit kusam," terangnya dalam acara peluncuran produk Wonderly, beberapa waktu lalu.

"Nah, dengan adanya perawatan minimal invasif seperti diamond microdermabration, berlian itu akan menggerus kulit bagian atas dengan terkontrol supaya terbentuk lapisan kulit yang baru," jelas dia.

Agar tidak melukai kulit, berlian dalam perawatan kulit ini dibuat ukurannya sangat kecil (micro) dan pengelupasan kulitnya pun bisa dilakukan secara terkontrol.

"Setelah melakukan diamond microdermabration, ahli perawatan kulit biasanya akan melakukan hydrophilic diamond atau memasukan kristal-kristal itu melalui serum," imbuhnya.

Ada pun logam mulia ini juga dapat merangsang serabut kolagen dan serabut elastis yang juga dapat melembabkan serta mengencangkan kulit.

Selain diamond microdermabration, Danar menambahkan bahwa tindakan estetik medis semi invasif juga lumayan diminati di Indonesia seperti memasukkan atau menginjeksi salmon DNA, glutathione, hingga vitamin C.

"Tapi kalau dilihat dari statisiknya, tidak semua orang berani melakukan tindakan yang invasif, makanya rata-rata masih mengandalkan perawatan kecantikan yang relatif lebih lama tapi efikasinya sudah terbukti dalam penelitian," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com