Kompas.com - 05/10/2022, 06:08 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sakit gigi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun kadang, ada saja hambatan untuk berkunjung ke dokter gigi, sehingga nyeri dibiarkan begitu saja.

Apabila sakit gigi tidak diobati, bisa terjadi komplikasi yang lebih serius seperti infeksi.

Bagi yang belum sempat memeriksakan kondisi yang dialami, bisa mencoba bahan-bahan herbal untuk meredakan nyeri pada gigi. Bagaimana cara menggunakannya?

1. Bawang putih

Bawang putih sudah banyak digunakan untuk pengobatan sejak dulu. Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang memberikan sifat antibakteri yang kuat.

Caranya, tumbuk satu siung bawang putih yang masih segar, kemudian tambahkan sedikit garam. Oleskan ke bagian gigi yang sakit.

Baca juga: 5 Fakta Bawang Putih sebagai Obat Sakit Gigi, Aman untuk Ibu Hamil

2. Teh peppermint

Peppermint memberikan efek mati rasa yang bisa meredakan sakit gigi. Kandungan mentol dalam peppermint juga dikenal sebagai agen antibakteri.

Masukkan satu sendok teh daun peppermint kering ke dalam secangkir air mendidih dan rendam selama 20 menit.

Kita dapat berkumur menggunakan larutan tersebut atau menelannya.

Cara lainnya yaitu menempelkan kantong teh basah yang sedikit hangat pada gigi selama beberapa menit sampai rasa sakitnya berkurang.

Menuangkan beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas lalu dioleskan ke gigi yang sakit juga bisa membantu meredakan nyeri sementara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.