Kompas.com - 05/10/2022, 13:36 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kanker payudara adalah kanker yang paling umum terjadi pada wanita yang biasanya disebabkan oleh kerusakan DNA dan mutasi genetik.

Mewarisi gen tertentu seperti BRCA1 dan BRCA2 juga dapat meningkatkan risiko kanker itu, sama seperti halnya memiliki obesitas.

Selain itu, gaya hidup memainkan peran penting, di mana penelitian mengaitkan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, paparan estrogen, dan pola diet tertentu, termasuk mengonsumsi makanan olahan dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Nah, untuk mencegah penyakit ini, riset pun menyebutkan ada pola makan sehat seperti diet Mediterania yang dapat menurunkan risiko kanker payudara. Melalui pola makan tersebut, kita bisa mengonsumsi makanan tertentu yang dapat menjauhkan kita dari penyakit ini.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan beberapa yang harus dihindari untuk membantu mengurangi risiko kanker payudara, sebagaimana dilansir dari laman Healthline.

Baca juga: Hindari Risiko Kanker Payudara dengan Mengurangi Konsumsi Daging Merah

Makanan yang dapat menurunkan risiko kanker payudara

Perlu diingat bahwa banyak faktor yang terkait dengan perkembangan kanker payudara.

Meskipun memperbaiki pola makan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko kanker secara umum, namun itu hanya salah satu bagian saja.

Bahkan dengan pola makan yang sehat, kita masih memerlukan pemeriksaan kanker payudara secara teratur seperti mammogram dan pemeriksaan manual.

Bagaimanapun, deteksi dini dan diagnosis secara signifikan meningkatkan keberhasilan pengobatan. 

Dan penelitian juga menunjukkan bahwa makanan ini dapat menurunkan risiko penyakit kanker payudara.

Halaman:
Sumber Healthline


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.