Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pintu Incubator Buka Kesempatan bagi Kreator Muda di Industri Mode

Kompas.com - 06/10/2022, 08:09 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pintu Incubator kembali membuka kesempatan bagi para kreatif muda Indonesia dan Perancis yang ingin berkreasi serta berbisnis di bidang fashion.

Ini akan menjadi sarana dalam menyatukan para kreatif muda dari dua negara tersebut untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan khususnya dalam industri mode.

Program inkubasi akan berjalan selama lima minggu, berlangsung pada bulan Oktober - Desember 2022.

Para peserta akan melalui berbagai program mentoring dan masterclass intensif yang diberikan oleh brand fashion dari Perancis dan para pakar dari Indonesia.

Melalui program pula ini, para kreatif muda Perancis akan mendapatkan wawasan mengenai budaya, mengenal lebih dalam perajin, master seni dan produk-produk kerajinan terbaik dari UMKM Indonesia.

“Terwujudnya kolaborasi dua negara ini merupakan sebuah kehormatan sekaligus peluang yang sangat berharga."

"Para kreatif muda Indonesia dapat belajar, menggali wawasan dan keterampilan dari para pakar terpilih dari Perancis."

"Sejalan dengan tujuan kami di PINTU Incubator, yaitu membawa brand-brand lokal Indonesia ke pasar internasional."

Demikian kata Thresia Mareta, inisiator Pintu Incubator sekaligus founder dari Lakon Indonesia dalam keterangannya yang diterima Kompas.com.

Baca juga: PINTU Incubator Kenalkan Kurasi 7 Brand Lokal di JF3 2022 

Program PINTU IncubatorDok. PINTU Incubator Program PINTU Incubator

Dukungan dan pengakuan terhadap program Pintu Incubator ini telah diberikan BDMMA Paris, yaitu sebuah lembaga profesi desain, mode, dan seni di Paris yang membantu para brand dan kreatif muda untuk tumbuh dan mengembangkan aktivitas bisnisnya.

Setiap tahun, BDMMA memberikan bimbingan profesional kepada lebih dari 500 kreator, juga inkubator bagi 30 perusahaan di sektor desain, mode, dan kerajinan Perancis.

Bahkan program inkubasi ini telah tercantum dalam situs resmi BDMMA.

Sebelumnya, Pintu Incubator melangsungkan program inkubasi tahap pertama sejak bulan April hingga Agustus 2022, dengan kurasi tahap akhir dilakukan di runway JF3 fashion show pada 3 September 2022 yang lalu.

Baca juga: Ada 195 Brand Lokal, Trademark Market Bandung Banjir Pengunjung 

Setelah melalui 24 kelas bimbingan, oleh 26 pengajar atau mentor yang terdiri dari pakar, dan praktisi yang sangat berkompeten, akhirnya terpilih tiga brand yang berhasil lolos dan memasuki tahap berikutnya, yaitu Oemah Etnik, WGB, dan Tailor Moon.

Kini, program tersebut kembali menginkubasi brand-brand yang lolos agar semakin matang dan siap untuk terjun ke pasar Internasional khususnya Perancis pada bulan Maret 2023 mendatang.

Berbagai dukungan, kesempatan, dan keuntungan akan diberikan bagi para partisipan yang terpilih, diantaranya modal bisnis, selling space, hingga akses ke pasar Internasional.

Pintu Incubator merupakan program inkubasi dua negara antara Indonesia dan Perancis yang merupakan hasil kolaborasi antara JF3, Lakon Indonesia dan Kedutaan Besar Perancis melalui Institusi Francais d'Indonesie (IFI).

Semua penyelengaraannya merupakan kegiatan non profit, yang mana seluruh peserta tidak akan dikenakan biaya.

Baca juga: Koleksi Batik Lorong Waktu Permanis Penutupan JF3 Fashion Festival 2022 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com