Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Manfaat Edelweiss untuk Perawatan Kulit Wajah

Kompas.com - 09/10/2022, 09:09 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bunga edelweiss merupakan salah satu tumbuhan yang banyak ditemukan di pegunungan Alpen di Swiss.

Karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup besar, bunga ini dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Saat ini bunga edelweiss juga dibudidayakan dan dipanen secara organik agar seluruh prosesnya tidak membahayakan serta menjaga biodiversitas di area pegunungan tersebut.

Manfaatnya edelweiss untuk kulit wajah

Kandungan antioksidannya membuat bunga edelweiss dapat melindungi dan memperkuat ketahanan kulit di segala usia.

Berkat alasan itu, estrak bunga edelweiss kerap dijadikan sebagai bahan utama rangkaian produk perawatan kulit (skincare).

Namun, untuk menjadikannya sebagai sebuah produk, bunga edelweiss harus diambil dari pegunungan Alpen secara etis dan pengolahaannya juga melalui prinsip kimia berkelanjutan atau green chemistry.

Menurut Skincare, Bodycare & Haircare Product Category Manager The Body Shop Indonesia, Astrid Indrasari, bunga edelweiss mengandung leontopodic acid, dengan 43 persen lebih tinggi kadar antioksidannya dibandingkan retinol.

"Jadi, ini bagus sekali untuk membantu proses regenerasi kulit dan menyediakan antioksidan supaya kulit menjadi lebih sehat," terangnya dalam acara Peluncuran Rangkaian Produk Edelweiss The Body Shop di The Westin Jakarta, Kamis (6/10/2022).

"Selain itu, bunga edelweiss juga bisa menjadi alternatif vegan dan ringan dari produk perawatan kulit mengandung retinol yang berbasis kimia sintetis," sambung dia.

Baca juga: Skincare Anti Penuaan Dini Berbahan Bunga Edelweiss

The Body Shop Indonesia meluncurkan rangkaian skincare plant-based dari bunga edelweis.The Body Shop Indonesia The Body Shop Indonesia meluncurkan rangkaian skincare plant-based dari bunga edelweis.
Produk skincare mengandung edelweiss

Melihat manfaat yang ditawarkan bunga edelweiss, The Body Shop Indonesia pun akhirnya meluncurkan rangkaian produk skincare yang mengandung ekstrak dari bunga edelweiss.

Di samping itu, beberapa produk juga diperkaya dengan hyaluronic acid, edelweiss stem cells, dan peptide alami untuk membangun kolagen yang bisa mengencangkan kulit.

"Untuk peptide sendiri sebenarnya kan materi penyusun kolagen. Nah, kolagen diperlukan kulit dalam membangun kekencangan agar kulit kita tidak gampang kendur dan berkerut," kata Astrid.

"Selain membuat kulit lebih sehat, produk dengan kombinasi ekstrak edelweiss dan peptide ini bisa membuat kulit wajah kita lebih kenyal," jelas dia.

Ada pun rangkaian produk utamanya terdiri dari edelweiss daily serum concentrate, cleaning concentrate, eye serum concentrate serta intense soothing cream.

Secara keseluruhan, produk ini dapat dipakai oleh orang-orang dengan kulit sensitif, ibu hamil, dan menyusui.

"Karena ini bukan retinol yang tingkat eksfoliasinya tinggi dan harmful di kulit, jadi sangat bisa dipakai orang-orang dengan kulit sensitif, terutama yang kulitnya sangat kering," ujar Astrid.

"Produk ini juga sifatnya topikal dan hanya bekerja di lapisan terluar kulit, sehingga aman untuk dipakai oleh ibu hamil dan menyusui karena tidak terbawa ke peredaran darah," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com