Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IdeaFest 2022 Siap Tularkan Energi Optimis dan Semangat Baru Untuk Indonesia

Kompas.com - 09/10/2022, 11:24 WIB
Chelsea Austine,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - IdeaFest 2022 akan kembali diselenggarakan pada dari 24 - 27 November 2022 di Jakarta Convention Center.

Beberapa tahun sejak pandemi melanda, masyarakat dihebohkan dengan banyaknya virtual reality seperti metaverse, NFT, cryptocurrency, dan lainnya. Lantas menjadi pertanyaan, apakah manusia ke depannya akan hidup di dunia virtual seperti ini?

Menjawab pertanyaan tersebut, di tahun ke 11 penyelenggaraan festival kreatif ini mengusung tema “Reality Re:defined”.

Seperti yang diketahui, IdeaFest merupakan ajang berkumpulnya para kolaborasi kreatif, inovatif, dan terkemuka dari berbagai sektor kreatif. Di tahun ini, kita diajak untuk bisa re:connected, re:introduced, re:established, re:live, dan re:create, sebagai upaya bersiap kembali ke realita kehidupan baru.

Pada acara press conference IdeaFest 2022, Rabu (5/10/22), Ben Soebiakto, Co-Chariman IdeaFest 2022, mengajak masyarakat untuk kembali bersemangat setelah masa-masa sukar belakangan ini.

“Pandemi punya stres dan punya issue-nya sendiri, dan setelah pandemi ini kita melihat banyak berita-berita negatif. Kita tahu kondisi dunia menuju resesi, banyak sekali negativity."

"Makanya kita rasa IdeaFest perlu hadir kembali untuk memberikan energi, sebuah optimism, membuktikkan bahwa kita sebagai orang kreatif masih bisa memberikan inovasi terhadap kesulitan hari-hari ini,” tutur Ben.

Dalam satu dekade terakhir IdeaFest telah merangkul lebih dari 1500 ideation yang membantu mengajak kolaborasi pemateri dari berbagai macam bidang industri kreatif.

Sebagai salah satu festival paling diantisipasi dan berdampak, tahun ini IdeaFest memiliki target untuk menjangkau lebih dari 20 ribu audiens.

Sama seperti tahun sebelumnya, Ben melihat bahwa IdeaFest akan selalu berkomitmen untuk mewadahi para pelaku kreatif dalam mengembangkan potensinya tanpa adanya batasan. Sudah terbukti, ada sejumlah komunitas ternama dari insan kreatif yang mampu bersaing secara global dengan performa nan sangat berkualitas.

Maka dari itu, berbeda dari tahun sebelumnya, bukan promotor atau pihak dari IdeaFest yang menentukkan rangkaian acara, tetapi ada beberapa komunitas utama yang dilibatkan sebagai pembentuk acara. Adapun diantaranya adalah komunitas Utopia, Makna, Manual, Double Deer Group, Majelis Lucu Indonesia, Pemimpin.id, 11th space, TFR, dan Volix.

Komunitas tersebut diberikan kesempatan untuk “unjuk gigi” dengan tujuan supaya ada sebuah ekosistem kreatif yang kemudian mampu memberdayakan pelaku industri kreatif melalui berbagai ide dan gagasan eksploratif yang segar, dapat terbangun dan senantiasa berkembang.

Masyarakat pun diundang untuk berkumpul, berdialog, dan menumbuhkan semangat kolaborasi yang positif.

Nah, bersama para partner community, IdeaFest 2022 akan menghadirkan beragam program seperti IdeaTalks, Conference, IdeaFest Music, Hall of Makers, Manual Food Market, Lucu Fest, Lead The Idea, Litter by Litter, Utopia Blok:verse, Reality Re:united, dan Nex space.

Beberapa kegiatan program memang masih bersifat rahasia, tetapi intinya di IdeaFest 2022 kamu tidak hanya diajak untuk mendengarkan talkshow saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com