Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi The Specialist Membawa Cava Jadi Juara Starbucks Barista Championship 2022

Kompas.com - 09/10/2022, 15:10 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Suguhan kopi "The Specialist" dari Cava Timotius Sedayu Bramono, barista Starbucks Reserve Dewata, Bali sukses membawanya menjadi juara di Starbucks Barista Championship 2022.

Setelah hiatus selama dua tahun, gerai kopi asal Seattle, Amerika Serikat tersebut kembali menggelar kompetisi meracik kopi di Indonesia pada tahun ini.

Kompetisi bergengsi ini sudah diadakan sejak tahun 2015 di Indonesia dan telah menjadi ajang bagi barista Starbucks untuk menampilkan gairah tentang kopi dan keahlian mereka.

Kompetisi tahun ini diikuti oleh lebih dari 500 partner (sebutan untuk karyawan Starbucks) dari seluruh wilayah di Indonesia, sebelum akhirnya dimenangkan oleh Cava Timotius Sedayu Bramono setelah melalui persaingan yang cukup kompetitif.

"Kompetisi untuk barista ini merupakan sebuah sarana bagi partner kami untuk dapat mengasah dan menampilkan kemampuan terbaiknya.

"Kami sangat melihat konsistensi dan jenjangnya tidak hanya berhenti di satu titik. Dengan ini, kami berusaha mengembangkan profesi barista dan ingin membuat barista sebagai profesi yang membanggakan,"

Demikian kata Anthony McEvoy, pemimpin PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi merek Starbucks di Indonesia, dalam konferensi persnya di Jakarta, baru-baru ini.

Dalam ajang tersebut, para finalis bersaing untuk memperoleh nilai tertinggi berdasarkan pengetahuan kopi, kompetensi teknis, kemampuan komunikasi dan kreasi minuman yang dibuat.

Baca juga: Akhirnya, Starbucks Hadir di Papua, Buka Dua Gerai Sekaligus

Kreasi minuman kopi The Specialist racikan Cava

Konsep minuman kopi The Specialist buatan Cava, juara Starbucks Barista Championship 2022KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Konsep minuman kopi The Specialist buatan Cava, juara Starbucks Barista Championship 2022

Melalui serangkaian proses seleksi ketat selama tiga bulan, akhirnya terpilih tiga finalis barista terbaik yang telah menunjukkan keahliannya dalam menyajikan kreasi minuman kopi.

Bermula dari kompetisi yang diadakan antar gerai Starbucks, melaju ke tingkat district yang terdiri dari 8 gerai, dan kemudian dipertandingkan antar region dan di terpilih tiga barista yang bertanding di babak grand final di Jakarta.

Tiga barista tersebut adalah Cava Timotius Sedayu Bramono dari Starbucks Reserve Dewata Bali, Hadiannisa Cahyani dari Starbucks Gajah Mada, Semarang, dan Yohannes dari Starbucks Mall Puri Indah, Jakarta.

Ketiga barista berprestasi ini menunjukkan keterampilan dan kompetensi mereka dalam tiga aspek penilaian dalam pembuatan espresso beverage dengan teknik pour over, latte art, dan signature beverage.

Kemudian suguhan signature beverage "The Specialist" membawa Cava menjadi pemenang. Ini merupakan minuman dingin yang dipersembahkan Cava untuk para teman-teman barista lainnya di Starbucks Reserve Dewata, Bali.

"Persiapan untuk meracik minuman ini sekitar dua bulan. Saya memakai biji kopi Indonesia Aceh yang dicampur dengan botanical liquid dari enam jenis rempah dan sirup cempaka," kata Cava.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com