Kompas.com - 13/10/2022, 17:39 WIB
Konsultasi Tanya Pakar Nutrisi

Cari jalan keluar tentang nutrisi secara tepat?

Periksa terperinci gizi Anda, konsultasi ke Kompas.com!

KOMPAS.com - Menjelang pernikahan, sejatinya pasangan perlu mempersiapkan berbagai hal, termasuk menentukan jumlah anak.

Hal tersebut perlu dilakukan agar pasangan suami-istri terhindar dari permasalahan yang umum dihadapi saat berumah tangga, mulai dari masalah finansial hingga kesehatan.

Oleh karena itu, meskipun belum sampai pada tahap kehamilan, para calon orangtua perlu untuk merencanakan jumlah anak.

Baca juga: 10 Persiapan Pernikahan Wajib Calon Pengantin

Sebagai informasi, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) juga mendorong masyarakat agar sadar dan peduli kesehatan, termasuk pentingnya merencanakan jumlah anak sebelum menikah, melalui gerakan Generasi Bersih dan Sehat (Genbest).

Berikut beberapa manfaat merencanakan jumlah anak sebelum menikah.

1. Mencegah terjadinya stunting pada anak

Manfaat pertama merencanakan jumlah anak adalah mencegah risiko stunting. Dengan membuat perencanaan sejak dini, orangtua relatif lebih siap dalam memitigasi berbagai permasalahan saat merawat anak di masa depan.

Dengan demikian, Genbest bisa jadi lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi 1.000 hari pertama kehidupan anak, yakni sejak masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun.

Untuk diketahui, stunting merupakan gangguan pertumbuhan seperti tinggi badan yang lebih pendek daripada teman-teman seusianya. Hal ini juga membuat kecerdasannya rendah dan memiliki risiko penyakit jantung dan diabetes di kemudian hari.

2. Mempersiapkan kualitas diri untuk menjadi orangtua

Dengan merencanakan jumlah anak sebelum menikah, Genbest berkesempatan untuk mempersiapkan diri untuk menjadi orangtua baru.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam fase tersebut adalah memperhatikan status kecukupan gizi sebelum kehamilan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.