Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencegah Obesitas hingga Diabetes, Ini 5 Manfaat Porang bagi Kesehatan

Kompas.com - 13/10/2022, 18:07 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Umbi porang menjadi salah satu sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan sebagai asupan pangan yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Porang atau amorphophallus muelleri blume sejenis umbi-umbian yang tak cuma mengenyangkan, tetapi juga menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan manusia.

Para ahli telah meneliti khasiat porang untuk kesehatan tubuh dengan beragai kandungan yang terdapat di dalamnya.

Baca juga: Mengenal Tanaman Porang dan Beragam Kegunaannya 

Ragam manfaat porang untuk kesehatan

ilustrasi porangKOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN ilustrasi porang

Menurut Prof. Evy Damayanthi, dosen Universitas IPB di Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, tanaman porang atau iles-iles memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Tanaman porang atau biasa disebut iles-iles mempunyai kandungan karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin dan alkaloid yang tinggi.

Pati yang terkandung pada porang biasanya diproses melalui metode hidrolisis dan dimurnikan untuk mendapatkan glukomanan.

Glukomanan inilah yang kerap dimanfaatkan sebagai komponen bioaktif pangan, fitokimia dan nutraceuticals.

Saat mengolahnya, porang harus diolah lebih dulu menjadi tepung karena ada kalsium oksalat yang bisa menyebabkan gatal-gatal.

Di samping itu, berbagai khasiat porang sudah terbukti melalui banyak penelitian di luar negeri, khususnya jurnal Internasional di China, meski jurnal dari Indonesia masih sangat terbatas.

Mengutip laman IPB.ac.id, berikut beberapa manfaat kesehatan dari tanaman porang.

1. Menurunkan kolesterol

Kandungan pada porang dapat memecah glukosa dan manosa di dalam tubuh menjadi monosakarida yang dapat menghasilkan kalori.

Dalam bentuk konfigurasi seperti itu, porang dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga berdampak pada pengurangan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menurunkan kadar gula darah

Menurut Prof. Evy Damayanthi, glukomanan yang terkandung pada porang dapat meningkatkan kontrol glikemik bagi penderita diabetes. Itu artinya, porang cukup ampuh dalam menurunkan kadar gula darah.

Kandungan glukomanan pada tepung porang, kata Evy, memiliki potensi terapuetik untuk mengatasi gangguan resistensi insulin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com