Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Push Up bagi Tubuh jika Dilakukan secara Rutin, Apa Saja?

Kompas.com - 17/10/2022, 11:49 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Dunia kesehatan dan kebugaran selalu berkembang, dengan diet, latihan, dan tren kesehatan baru yang bermunculan.

Namun, ada satu latihan yang telah teruji oleh waktu dan terus relevan untuk meningkatkan kebugaran sekaligus kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, yakni push up.

Meskipun sebagian besar dari kita sudah tahu cara melakukan push up, tetapi masih sedikit yang melakukannya secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya dengan lebih maksimal.

Manfaat latihan push up

Nah, jika ingin mengetahui manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari latihan push up, simak penjelasannya lebih lanjut sebagai berikut.

1. Melatih beberapa kelompok otot sekaligus

Pelatih dan pendiri PWR Workout, Kelsey Wells menjelaskan bahwa push up sangat bermanfaat karena latihan ini mencakup gerakan gabungan, yang berarti kita mengaktifkan beberapa kelompok otot sekaligus daripada menargetkan otot secara terpisah.

"Latihan gabungan sangat efektif karena memaksimalkan efisiensi latihan kita," katanya.

"Sementara kebanyakan orang berpikir bahwa push up hanya menargetkan dada dan trisep, ketika dilakukan dengan teknik yang benar, push up juga memanfaatkan otot inti, bahu anterior, dan otot-otot yang menstabilkan bahu," terang dia.

Baca juga: 5 Manfaat Push Up, Bolehkah Dilakukan Setiap Hari?

2. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Semakin banyak push up yang bisa kita lakukan, semakin besar kemungkinan kesehatan kardiovaskular kita meningkat.

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam JAMA Network menemukan bahwa pria yang dapat menyelesaikan setidaknya 40 push up dalam waktu kurang dari 30 detik memiliki risiko masalah kardiovaskular yang lebih rendah dibandingkan dengan pria yang hanya mampu menyelesaikan 10 atau kurang.

Selain itu, latihan push up juga terbukti dapat menurunkan risiko kita terkena serangan jantung dan gagal jantung.

3. Membantu memperbaiki postur tubuh

Instruktur peloton, Olivia Amato mengatakan bahwa push up adalah latihan yang dapat membantu memperbaiki postur tubuh.

"Jika dilakukan dengan bentuk yang tepat, push up bisa sangat bagus untuk postur tubuh kita, menempatkan kita pada posisi yang baik, bukannya membungkuk atau melihat ke bawah, yang terlalu sering saya lakukan," jelasnya.

Baca juga: Tips Melakukan Push Up yang Tepat bagi Pemula

Manfaat push up tidak hanya untuk membangun kekuatan di tubuh bagian atas, tetapi juga bisa menjadi latihan seluruh tubuh (full-body workout).PEXELS/ANDREA PIACQUADIO Manfaat push up tidak hanya untuk membangun kekuatan di tubuh bagian atas, tetapi juga bisa menjadi latihan seluruh tubuh (full-body workout).
4. Bermanfaat untuk inti tubuh

Meskipun kita sering menganggap push up sebagai latihan untuk anggota tubuh kita, namun push up ternyata juga bagus untuk bagian inti tubuh.

"Push up membantu memperkuat otot stabilisasi inti, yang merupakan fondasi dari setiap latihan kekuatan yang kita lakukan dan faktor kunci untuk menjadi lebih kuat," kata Amato.

5. Meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas

Megan Roup, pendiri The Sculpt Society, menunjukkan bahwa push up adalah latihan yang bagus untuk memperkuat tubuh bagian atas, termasuk dada, bisep, trisep, bahu, dan punggung atas.

Ini tidak hanya meningkatkan kekuatan, tetapi juga membuat kita lebih percaya diri karena tampilan tubuh bagian atas yang lebih bagus.

6. Membantu memperkuat tulang

Menurut Roup, beberapa kali push up dalam sehari dapat membantu mencegah gangguan yang terjadi pada tulang.

"Latihan menahan beban seperti push up sangat bagus untuk membangun kepadatan tulang, terutama bagi wanita, yang umumnya lebih rentan terhadap osteoporosis," imbuhnya.

Baca juga: Turunkan Berat Badan Cuma dengan Push Up, Mungkinkah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Byrdie


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com