Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2022, 07:43 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Raja Charles dikenal akan kecintaannya pada alam dan tanaman.

Setelah membeli Highgrove House di Gloucestershire pada tahun 1980, ia bekerja keras untuk merenovasi halaman dan kebun di rumah tersebut. Tak heran, ia dikenal handal dalam berkebun.

Dikutip dari Country Living, rumah yang ditinggali King Charles bersama istrinya, sang Queen Consort Camilla, akan diperlihatkan dalam salah satu episode acara berjudul The Cotswolds and Beyond with Pam Ayres, yang sebenarnya telah siap tayang sebelum Ratu Elizabeth meninggal dunia.

Namun, episode tersebut baru bisa ditayangkan setelah masa berkabung nasional di Inggris berakhir, tepatnya pada Jumat (7/10/2022) lalu di stasiun televisi lokal Inggris Channel 5.

Episode tersebut menceritakan kegiatan Raja Charles di kebun miliknya di Highgrove, serta pendapat sang raja terkait menjaga alam dan memperbaiki keberagaman hayati.

Lalu, ia juga membagikan beberapa tips terkait berkebun dan konservasi.

Lebih lanjut, The Telegraph mengatakan, Raja Charles juga membicarakan tentang cara mengundang burung walet ke kebun dan memasang kotak untuk burung-burung walet yang datang di bawah atap yang menjorok.

Ia juga dilaporkan mengatakan bahwa kita harus menunggu sekitar satu atau dua tahun agar burung walet mendatangi kebun kita.

Highgrove sendiri dikenal sebagai kediaman pribadi Raja Charles. Namun menariknya, ia membuka kebun miliknya untuk umum, sehingga pengunjung bisa melihat beberapa sudut menarik di dalamnya, seperti Thyme Walk yang terkenal.

Area Thyme Walk ini memiliki berbagai jenis yew dan thyme yang cantik.

Padang rumput meadow (bunga liar) juga menjadi bagian menarik lain dari Highgrove karena dapat mengundang berbagai jenis serangga. Area ini juga cukup luas, sekitar empat hektar dan telah ada sejak tahun 1982 silam.

Menurut The Telegraph, Raja Charles juga mengatakan bahwa dulu dirinya senang menghitung jumlah anggrek yang ada di padang rumput itu, meski ia sudah tidak melakukannya lagi akibat jumlahnya yang sudah terlalu banyak.

Tanaman dan berkebun pun bukan satu-satunya yang diperlihatkan dan dibicarakan Raja Charles dalam episode tersebut. Sebab, ia juga memperlihatkan sebuah hedgehog ramp (jalan kecil untuk landak) di salah satu air terjun buatan, yang dapat dijadikan jalan ke luar hewan-hewan mungil itu.

Ayres yang membawakan acara tersebut pun memuji sisi inklusi taman tersebut.

“Sangat luar biasa rasanya mendengar ada sentuhan manis kecil yang ia miliki di kebunnya," ujar Ayres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com