BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan The Palace

Tepat Pilih Batu Permata, Ini Manfaat yang Bisa Dirasakan Pemakainya

Kompas.com - 20/10/2022, 10:28 WIB

KOMPAS.com – Tidak sekadar sebagai hiasan, batu permata ternyata dapat memberikan manfaat bagi penggunanya. Beberapa batu permata juga memiliki mitos dan cerita rakyat yang dipercayai sejumlah masyarakat.

Orang Yunani Kuno, misalnya, percaya bahwa batu kecubung dapat mencegah keracunan. Oleh karena itu, mereka membuat batu kecubung menjadi wadah minum.

Sementara bagi umat Buddha di Tibet, batu kecubung diyakini dapat mempercepat pertumbuhan spiritual dan menginspirasi kekuatan penyembuhan. Mereka percaya bahwa kristal pada batu kecubung dapat memberikan semangat dan memperkuat sistem imun.

Diberitakan Kompas.com, Rabu (26/2/2020), pakar kristal dan konsultan Feng Shui Askinosie mengatakan bahwa hubungan antara kristal dan manusia sudah berlangsung lama, bahkan sejak zaman Mesir, China, dan Roma Kuno.

Baca juga: Karismatik dan Optimistis, Ini Sifat-sifat Positif Orang yang Lahir pada Oktober

“Banyak budaya asli dari berbagai belahan dunia meyakini keunikan batu kristal. Ketika disimpan di rumah, batu kristal juga dapat memberikan fungsi, lebih dari sekadar estetika, yaitu dapat memperbaiki suasana di dalam ruangan,” ujarnya.

Supaya manfaatnya lebih cepat terasa, batu berlian kerap digunakan sebagai perhiasan. Batu permata yang disematkan pada perhiasan pun bisa mempercantik penampilan pemakainya.

Selain batu kecubung, berikut adalah tiga batu permata yang memiliki manfaat dan kerap digunakan pada perhiasan wanita, seperti anting-anting, cincin, kalung, dan gelang.

1. Rubi

Batu permata rubi menjadi salah satu batu favorit masyarakat. Pasalnya, batu berwarna merah ini mampu membuat pemakainya memancarkan karisma tersendiri.

Dalam catatan sejarah, batu rubi merupakan batu permata yang menghiasi mahkota para raja dan pedang para kesatria.

Baca juga: Daripada Halu Dikasih Cincin Berlian oleh Kang Tae-moo dari A Business Proposal, Yuk Beli Perhiasan Berlian Sendiri

Seperti diberitakan littlethings.com, ada legenda kuno yang menyebutkan bahwa batu rubi yang dilempar ke dalam air akan membuat air mendidih. Batu rubi juga dapat melelehkan lilin ketika ditekan ke dalamnya.

Dengan demikian, tak heran batu rubi dipercaya dapat memberikan energi, kekuatan, percaya diri, dan semangat kepada pemakainya.

Liontin dengan sematan safir biru koleksi Frank & co.Dok. CMK Liontin dengan sematan safir biru koleksi Frank & co.

2. Safir

Batu safir merupakan batu permata yang melambangkan hubungan romansa. Karena itu, batu ini kerap digunakan pada cincin pertunangan atau cincin pernikahan. Permata ini merupakan simbol keagungan, kejujuran, ketulusan, dan kesetiaan.

Dalam artikel yang ditayangkan thepruce.com, safir biru membantu pemakainya menjadi lebih sadar akan atas pikiran dan perasaannya.

Batu safir juga digunakan untuk melindungi diri dari energi negatif, menenangkan pikiran, memperkuat intuisi, dan mengundang kejernihan spiritual.

Baca juga: Kate Middleton Tampil Menawan dengan Anting Safir Milik Putri Diana

3. Emerald

Batu permata berwarna hijau ini juga dikenal dengan nama batu zamrud. Warnanya yang indah menjadikan batu emerald sebagai salah satu batu permata yang disematkan dalam perhiasan wanita.

Dilansir dari noticiarmoz.com, batu emerald dapat membantu meningkatkan kapasitas intelektual dan mengembangkan kemampuan penalaran serta keterampilan aritmatika seseorang.

Manfaat lain yang dapat dirasakan ketika mengenakan batu tersebut adalah seseorang bisa menjadi pembicara yang baik, keterampilan bisnis dan sosial meningkat, serta berhasil di bidang pendidikan dan penelitian.

Cincin berlian dengan batu emerald koleksi Royale.Dok. CMK Cincin berlian dengan batu emerald koleksi Royale.
 
Itulah tiga batu permata yang dipercaya memiliki manfaat bagi pemakainya. Untuk mendapatkan batu permata tersebut, Anda dapat memilih koleksi perhiasan dari tiga brand dari PT Central Mega Kencana (CMK), yaitu Mondial, Frank & co., dan The Palace Jeweler.

Sebagai informasi, ketiga merek tersebut sedang mengadakan Precious Stone Festival yang memperkenalkan kembali berbagai koleksi perhiasan berlian yang dihiasi batu rubi, safir, dan emerald.

 
Baca juga: Kemewahan Koleksi Perhiasan Berlian Azure Collection di Mondial Anniversary

Salah satu koleksi yang masuk ke dalam festival tersebut adalah Imperial Collection. Koleksi ini memiliki desain elegan dan klasik yang terinspirasi dari cincin pertunangan milik Lady Diana.

Dengan desain yang tak lekang oleh waktu, koleksi Imperial menggunakan #PreciousStone apa pun yang disematkan pada cincin berlian wanita, anting-anting, gelang berlian unik, dan liontin.

 
Gelang berlian dengan batu rubi koleksi Riviera. Dok. CMK Gelang berlian dengan batu rubi koleksi Riviera.

Koleksi yang juga menjadi bagian dari Precious Stone Festival adalah koleksi Riviera. Terinspirasi dari tetesan air yang jatuh ke sungai, koleksi perhiasan berlian ini melambangkan kesucian, kemurnian, dan sebuah awal baru.

Sementara, bagi Anda yang menyukai kemegahan dan kemewahan, Royale Collection dapat menjadi pilihannya. Desain dari koleksi ini dibuat mewah, tetapi tetap classy sehingga akan membuat Anda tampil menjadi lebih berkelas.

Penggunaan batu safir biru dan rubi juga diaplikasikan pada koleksi Elba. Desain classic solitaire yang diusung pada koleksi ini melambangkan kesetiaan, keteguhan, dan kemakmuran bagi pemakainya.

 
Baca juga: Ini Rekomendasi 4 Perhiasan Emas dan Perhiasan Berlian untuk Tampil Stunning di Setiap Kesempatan

Kemudian, bagi Anda yang ingin tampil anggun bak bangsawan, dapat memiliki koleksi Noble. Unique diamond pendant, anting berlian, dan cincin berlian wanita dengan tiga precious stone menjadi bagian dari koleksi ini.

Terakhir, Precious Stone Festival menawarkan koleksi Flamma. Koleksi ini memiliki arti nyala api yang bersinar dan berkobar. Tak heran, koleksi ini menggunakan batu rubi untuk mempercantik setiap exclusive diamond jewellery.

 
Anting-anting berlian koleksi Flamma.Dok. CMK Anting-anting berlian koleksi Flamma.
 
Koleksi Flamma juga dapat dijadikan sebagai ide hadiah berbeda. Sebab, pemilihan grading color rubi pada koleksi ini memakan waktu sampai tiga bulan serta pengerjaannya selama 1.200 jam kerja.

Meski memiliki koleksi perhiasan berlian dengan batu permata yang cantik dan berkelas, salah satu brand CMK, yaitu The Palace Jeweler, memiliki koleksi perhiasan berlian dengan harga terjangkau.

Koleksi Moela merupakan new jewellery collection dari The Palace Jeweler yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 888.000. Hal ini sesuai dengan tagline yang diusung brand #NationalJeweler ini, yaitu Therlengkap, Therjamin, dan Therjangkau (3T).

 

The Palace Jeweler menawarkan berbagai koleksi perhiasan berlian terlengkap dalam satu gerai. Dengan demikian, Anda tidak perlu mendatangi gerai lain untuk mendapatkan perhiasan yang sesuai dengan keinginan.

Tak hanya itu, The Palace Jeweler menawarkan koleksi dari perhiasan terbaik, termasuk liontin berlian berkualitas. Sebab, The Palace Jeweler menjamin kualitas berlian dan kadar emas yang tepat dalam setiap produknya.

Penasaran dengan berbagai koleksi dari Precious Stone Festival dari The Palace Jeweler atau brand CMK lain? Anda bisa mengunjungi situs web berikut ini. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti akun Instagram @thepalace_id dan TikTok @thepalacejeweler.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.