Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Charles III Tolak Tinggal di Istana Buckingham, Apa Alasannya?

Kompas.com - 20/10/2022, 19:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber MSN

KOMPAS.com - Kehidupan Raja Charles III tampaknya benar-benar berubah setelah kematian Ratu Elizabeth II pada tanggal 8 September yang lalu.

Pria berusia 73 tahun ini kemudian naik tahta monarki Inggris setelah kematian ibunya.

Dan sebagai raja Kerajaan Inggris, salah satu keputusan pertamanya adalah menolak pindah ke Istana Buckingham, yang berfungsi sebagai tempat tinggal Ratu Elizabeth.

Sejak tahun 2003, Raja Charles III dan istrinya, permaisuri Camilla, telah tinggal di Clarence House.

Pasangan itu akhirnya pindah ke sana setahun setelah kematian Ibu Suri Elizabeth, yang meninggal pada tahun 2002, pada usia 101 tahun.

Ibu Suri diketahui telah tinggal di kediaman tersebut selama setengah abad bersama putri bungsunya, Putri Margaret.

Baca juga: Mengintip Kebun Milik Raja Charles di Highgrove

Alasan Raja Charles III tidak mau tinggal di Istana Buckingham

Menurut seorang sumber yang berbicara kepada surat kabar Inggris The Sunday Times, Raja Charles III tidak mau pindah ke Istana Buckingham karena tidak sesuai dengan tujuan di dunia modern.

Orang dalam kerajaan mengatakan, sang raja tidak melihatnya sebagai rumah masa depan yang layak atau rumah yang sesuai dengan tujuan di dunia modern.

Sebagai gantinya, Raja Charles III dan Camilla membagi satu minggu untuk tinggal di antara tiga tempat yang berbeda.

Mereka akan menghabiskan tiga hari dalam seminggu di rumah utama mereka, Clarence House, yang hanya berjarak 400 meter dari Istana Buckingham, dua hari kerja sisanya di Windsor Castle, dan akhir pekan di Sandringham House di Norfolk.

Perkebunan terakhir ini berjarak sekitar tiga jam di timur laut London dan merupakan tempat Ratu Elizabeth II menghabiskan Natal, sebuah kebiasaan yang diwarisi dari ayahnya, George VI, yang meninggal di sana.

Belum diketahui apakah Charles III akan mengikuti tradisi Natal ini, juga tidak jelas apakah dia akan menghabiskan musim panasnya di Kastil Balmoral di Skotlandia, seperti yang biasa dilakukan ibunya.

Di samping itu, Raja Charles III dan Camilla juga memiliki kediaman keluarga lainnya, yakni Highgrove House, sebuah perkebunan pedesaan yang indah di Gloucestershire.

Dia membeli rumah tersebut pada tahun 1980. Sejak saat itu, dia pun menghabiskan banyak waktu untuk merawat pekarangan dan kebunnya.

Renovasi Istana Buckingham

Dari kanan, Raja Charles III, Camilla, Permaisuri dan Pangeran William selama Dewan Aksesi di Istana St James, London, Sabtu, 10 September 2022, di mana Raja Charles III secara resmi dinyatakan sebagai raja. AP PHOTO/VICTORIA JONES Dari kanan, Raja Charles III, Camilla, Permaisuri dan Pangeran William selama Dewan Aksesi di Istana St James, London, Sabtu, 10 September 2022, di mana Raja Charles III secara resmi dinyatakan sebagai raja.
Menurut sumber yang dikutip oleh The Times, Raja Charles III memiliki sedikit keterikatan dengan Istana Buckingham dan merasa bahwa pemeliharaannya, baik dari segi biaya maupun lingkungan, tidak berkelanjutan.

Baca juga: Ditentang India, Camilla Bakal Pakai Mahkota Koh-i-Noor di Penobatan Raja Charles III?

Halaman:
Sumber MSN


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com