Kompas.com - 24/10/2022, 18:42 WIB
Konsultasi Tanya Pakar Nutrisi

Cari jalan keluar tentang nutrisi secara tepat?

Periksa terperinci gizi Anda, konsultasi ke Kompas.com!

Narasumber: dr. Louise Kartika Indah, Sp.GK, M.Gizi

Pertanyaan:
Saya punya anak remaja berusia 13 tahun dan badannya termasuk gemuk. TB 156, BB 65. Dia merasa tidak percaya diri dan jadi pemalu karena merasa badannya tidak ideal. Sekarang ini anak saya menghindari nasi dan mi. Makannya sangat sedikit, tapi BB nya tetap tidak turun.

Terus terang saya khawatir dengan kesehatannya. Kira-kira adakah diet yang tepat untuk anak remaja tanpa mengorbankan kesehatannya ya, Dok? Kalau saya ingin konsultasi tentang ini ke dokter kira-kira nanti apa akan dikasih obat untuk menahan lapar?
Fauzan (40), Jakarta

Baca juga: Anak Remaja Dijauhi Teman, Apa yang Perlu Dilakukan Orangtua?

Jawaban:
Halo Bapak Fauzan, terima kasih atas pertanyaannya, ya. Untuk menurunkan berat badan tidak semata-mata menghindari nasi dan mi saja, tapi tetap harus memperhatikan pemenuhan kebutuhan nutrisi secara keseluruhan.

Diet yang tepat untuk anak bapak adalah diet gizi seimbang, dengan kebutuhan kalori yang sesuai. Diet gizi seimbang memiliki komposisi karbohidrat, protein dan lemak, juga mikronutrien (vitamin dan mineral) yang disesuaikan dengan kebutuhan anak Bapak. Sehingga secara bertahap anak Bapak dapat mencapai berat badan ideal dan tumbuh kembang yang optimal.

Baca juga: 11 Cara Diet Sehat, Sepele tapi Efektif

Ada baiknya Bapak mengajak anak Bapak berkonsultasi ke dokter spesialis gizi klinik atau dokter spesialis anak konsultan nutrisi dan metabolik untuk mendapatkan terapi nutrisi dan perencanaan makan yang tepat.

Pemberian obat untuk menahan lapar biasanya tidak diberikan untuk anak, dokter biasanya akan memberikan pengaturan jumlah kalori, jadwal makan dan jenis makanan dan porsi yang sesuai supaya anak tidak merasa lapar.

Anak Bapak juga biasanya akan disarankan untuk beraktivitas fisik dan olahraga rutin untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

Semoga jawabannya membantu ya, Pak. Terima kasih.

Narasumber: dr. Louise Kartika Indah, Sp.GK, M.Gizi
Dokter Spesialis Gizi Klinik
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya


Punya pertanyaan seputar nutrisi atau pola makan yang sehat? Kirimkan pertanyaan Anda di sini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.