Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polygon dan ITB Hadirkan Sepeda Listrik, Seperti Apa?

Kompas.com - 24/10/2022, 19:10 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com – Setelah menghadirkan beberapa jenis sepeda yang menjuarai kompetisi internasional, Polygon bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) menghadirkan sepeda listrik untuk lingkungan kampus.

Bermula dari sebuah visi yang sama, yakni membangun sarana hijau sebagai solusi transportasi ramah lingkungan, Polygon Bikes bersama dengan kampus ITB memulai inovasi "Prototype In campus eBike ITB".

Inovasi ini dimaksudkan untuk mendukung program Green Campus Transportation System menggunakan sepeda listrik beserta dengan ekosistem-nya yang juga ramah lingkungan.

Artinya, solusi hijau ini tak berhenti pada produk sepeda listrik saja, tetapi termasuk menyediakan shelter dengan solar panel charger di setiap fakultas dan fasilitas kampus.

Sepeda listrik yang ditempatkan pada shelter dengan solar panel system Sepeda listrik yang ditempatkan pada shelter dengan solar panel system
Dengan cara ini, daya pada sepeda bisa diisi ulang ketika parkir, menggunakan energi matahari.

Produk sepeda listrik kolaborasi – yang kemudian dinamakan Centenary – ini didesain dan diproduksi langsung oleh Polygon dan ITB, yang melibatkan Fakultas Seni Rupa dan Design (FSRD), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), dan Fakultas Teknologi Industri (FTI).

“Besar harapan kami, gerakan transportasi hijau ini tidak hanya berhenti sampai di sini, tetapi juga di berbagai kampus, sekolah, perkantoran, maupun area dengan mobilitas tinggi lainnya. Kami akan terus melakukan inovasi untuk membangun ekosistem transportasi hijau yang lebih baik,” ujar Veronica Vivin, Brand Marketing Polygon Bikes dalam keterangan tertulisnya.

Proses pembuatan Polygon G20 di pabrik Insera Sena, Sidoarjo, Jawa Timur Proses pembuatan Polygon G20 di pabrik Insera Sena, Sidoarjo, Jawa Timur
Serah terima 20 sepeda e-bike Centenary dilakukan pada tanggal 30 September 2022 di rektorat ITB yang dihadiri segenap rektorat ITB beserta perwakilan Polygon Bikes.

Rencananya sepeda listrik tersebut juga akan diserahkan untuk mendukung acara Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali November mendatang, bersama dengan sepeda listrik lain; Polygon G20 edition.

Baca juga: Pakai Sepeda Indonesia, Tim Pebalap Naik Podium di Lomba Internasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com