Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adidas dan Deretan Brand yang Akhiri Hubungan Bisnis dengan Kanye West

Kompas.com - 26/10/2022, 07:45 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Adidas dan sejumlah brand internasional mengakhiri kerja sama bisnis dengan Kanye West, menyusul ulah terbaru rapper tersebut.

Mantan suami Kim Kardashian itu dinilai sudah melanggar batas dengan perbuatan dan ucapannya yang kontroversial belakangan ini.

Dalam Paris Fashion Week lalu, ia mengenakan kemeja "White Lives Matter" yang menuai kecaman banyak pihak termasuk Gigi Hadid.

Baca juga: Ulah Terbaru Kanye West, Rilis Kaus Bertuliskan White Lives Matter di Paris Fashion Week

Setelah itu, ia juga mengeluarkan beberapa pernyataan anti-semitisme di Twitter dan Instagram.

Ucapan kebencian yang disampaikannya dianggap berbahaya karena dapat memicu tindakan serupa dari para penggemarnya.

Adidas

"Adidas tidak menoleransi antisemitisme dan segala bentuk ujaran kebencian lainnya," demikian pernyataan terbaru dari merek Jerman itu.

Dikatakan jika komentar dan tindakan Kanye West tidak dapat diterima, penuh kebencian, dan berbahaya, dan itu melanggar nilai-nilai perusahaan tentang keragaman dan inklusi, saling menghormati, dan keadilan.

"Setelah peninjauan menyeluruh, perusahaan telah mengambil keputusan untuk segera mengakhiri kemitraan dengan Ye."

Baca juga: Drama Belum Usai, Adidas dan Kanye West Rilis YZY QNTM Hi-Res Coral

Keputusan ini termasuk mengakhiri produksi produk bermerek Yeezy dan menghentikan semua pembayaran kepada Ye dan perusahaannya sekaligus menghentikan bisnis Adidas Yeezy dengan segera.

Dengan memakai colorway Utility Black, Adidas Yeezy 450 menampilkan bagian atas sepatu Primeknit hitamvia Hypebeast Dengan memakai colorway Utility Black, Adidas Yeezy 450 menampilkan bagian atas sepatu Primeknit hitam
Brand sportwear ini juga menegaskan jika Adidas adalah pemilik tunggal dari semua hak desain untuk produk yang ada serta jalur warna sebelumnya dan baru di bawah kemitraan.

Langkah tegas ini diprediksi akan memberikan dampak negatif jangka pendek hingga 390 juta dollar AS pada laba bersih Adidas di tahun 2022.

Kerja sama bisnis Kanye West dan Adidas yang berawal di tahun 2015 memiliki nilai 2,3 miliar dollar AS dan seharusnya baru akan berakhir 2026 nanti.

Balenciaga

Rumah mode Perancis ini sudah lebih dulu bersikap tegas dengan menyudahi hubungannya denga Kanye.

"Balenciaga tidak lagi memiliki hubungan atau rencana untuk proyek masa depan yang terkait dengan artis ini." bunyi keterangan Kering, perusahaan induk brand tersebut, beberapa hari lalu.

Baca juga: Balenciaga Sudahi Kontrak dengan Kanye West, Ada Apa?

Kanye West sebenarnya adalah kolaborator yang kerap bekerja sama dengan merek tersebut, termasuk menghasilkan koleksi yang dirilis di GAP pada Februari lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com