Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Atasi Rambut Rontok akibat Kekurangan Nutrisi

Kompas.com - 26/10/2022, 08:05 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Web MD

KOMPAS.com - Masalah rambut rontok dapat dialami seseorang bukan hanya karena faktor penuaan, tetapi juga akibat kekurangan nutrisi.

Ya, beberapa nutrisi sebetulnya sangat diperlukan tubuh dalam mendukung pertumbuhan sekaligus menjaga kekuatan akar hingga helai rambut agar tidak terjadi kerontokan rambut.

Maka dari itu, memenuhi asupan makanan yang mengandung sejumlah vitamin berikut ini dapat membantu mencegah masalah rambut rontok.

Baca juga: 6 Makanan Penyebab Rambut Rontok yang Harus Dihindari 

Kekurangan nutrisi yang menyebabkan rambut rontok

Stres bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok parah pada wanita.Shutterstock/Boyloso Stres bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok parah pada wanita.

Menurut sebuah riset yang diterbitkan dalam studi Anais Brasileiros de Dermatologia di tahun 2016. Sekitar 67,1 persen pria dan 23,9 persen wanita mengalami masalah rambut rontok.

Berdasarkan temuan tersebut, penyebab rambut rontok dapat diakibatkan oleh kekurangan vitamin tertentu.

Penelitian itu juga menemukan bahwa memenuhi asupan harian dengan nutrisi yang cukup sebetulnya dapat memperbaiki masalah rambut.

Berikut sejumlah asupan vitamin yang perlu diperhatikan dalam makanan sehari-hari untuk mencegah sekaligus memperbaiki kerontokan rambut, sebagaimana dilansir Web MD.

1. Zat besi

Zat besi berkontribusi dalam produksi hemoglobin yang fungsinya mengantarkan nutrisi dan oksigen ke folikel rambut.

Tanpa zat besi yang cukup, rambut tidak akan tumbuh. Ketika seseorang mengalami defisiensi zat besi, maka kondisi rambut yang semakin tipis kemungkinan dapat terjadi.

Terlebih pada wanita, sejumlah risiko akibat kekurangan zat besi tidak hanya memengaruhi kondisi rambut, tetapi juga risiko kanker usus besar, merasa mudah lelah, lesu, sering muncul bisul.

2. Kekurangan vitamin D

Defisiensi vitamin D dapat menyebabkan kerontokan rambut berupa telogen efluvium, alopecia areata hingga female pattern hairloss.

Kondisi tersebut dapat terjadi karena vitamin D di dalam tubuh berperan juga dapat menstimulasi pertumbuhan tunas rambut atau folikel rambut.

Sehingga jika seseorang mengalami kekurangan vitamin D, maka folikel rambutnya menjadi tidak tumbuh.

Sementara itu, kekurangan vitamin D juga berkaitan dengan risiko depresi atau stres yang juga menjadi penyebab kerontokan rambut secara umum.

3. Kekurangan zinc

Zinc mirip seperti zat besi karena fungsinya mendukung pertumbuhan serta perbaikan jaringan rambut.

Halaman:
Sumber Web MD


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com