Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Halloween, Perayaan yang Berkembang sejak Ribuan Tahun Lalu

Kompas.com - 27/10/2022, 10:34 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

Sumber History

KOMPAS.com - Halloween adalah salah satu perayaan paling meriah di Amerika Serikat yang jatuh setiap tanggal 31 Oktober.

Momen ini ditandai dengan pesta kostum, dekorasi yang seram, permainan trick or treat, permen warna-warni, mengukir labu dan berbagai kemeriahan lainnya.

Halloween berawal dari festival Celtic kuno, Samhain yakni ketika orang menyalakan api unggun dan mengenakan kostum untuk mengusir hantu.

Baca juga: Pernak-pernik dalam Perayaan Halloween, Apa Saja?

Lalu pada abad ke-8, Paus Gregorius III menetapkan 1 November sebagai All Saints Day, untuk menghormati semua orang kudus.

Peringatan ini juga sarat dengan tradisi Samhain sehingga akhirnya dikolaborasikan menjadi All Hallows Day yang kemudian menjadi Halloween.

Sejarah Halloween

Sejarah Halloween berawal dari tradisi Bangsa Celtic yang hidup 2.000 tahun lalu di wilayah Irlandia, Inggris Raya, dan Prancis utara.

Mereka merayakan tahun baru setiap tanggal 1 November sebagai penanda akhir musim panas dan panen dengan awal musim dingin yang gelap dan dingin.

Masyarakat Celtic percaya jika batas antara dunia yang hidup dan yang mati menjadi kabur setiap malam sebelum tahun baru.

Oleh sebab itu, mereka lalu menyelenggarakan Samhain di tanggal 31 Oktober untuk menghalau hantu orang mati yang berusaha kembali ke Bumi.

Baca juga: Penjualan Kostum Johnny Depp Meroket Jelang Perayaan Halloween

Di sisi lain, kehadiran roh dunia lain juga memudahkan Druid, para pendeta Celtic untuk membuat prediksi tentang masa depan.

Ramalan tersebut penting bagi mereka yang hidup di lingkungan dengan alam yang keras dan mudah berubah.

Untuk memperingati acara tersebut, Druid membangun api unggun suci yang besar dengan membakar tanaman dan hewan sebagai pengorbanan kepada dewanya.

Selama perayaan, Bangsa Celtic juga mengenakan kostum, biasanya terdiri dari kepala dan kulit binatang.

Ketika perayaan selesai, api perapian di rumah masing-masing yang sebelumnya dipadamkan lalu dinyalakan kembali dari api unggun suci untuk membantu melindungi mereka selama musim dingin yang akan datang.

Baca juga: Asal-usul Jack-o-lantern, Labu Unik Khas Halloween

Berkembang di Amerika Serikat

Perayaan Halloween Perayaan Halloween
Berawal di Eropa, tradisi Halloween kemudian dibawa ke Amerika Serikat hingga berkembang menjadi peringatan besar seperti saat ini.

Halaman:
Sumber History
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com