BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan TikTok

Kreator Konten Asia Tenggara Berbagi Kisah Inspiratif di TikTok For You Stage

Kompas.com - 02/11/2022, 19:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comTikTok tak sekadar menjadi platform hiburan. Bagi kreator konten, TikTok merupakan tempat untuk berbagi inspirasi dan kebahagiaan.

Hal itu disampaikan enam kreator asal Asia Tenggara di TikTok For You Stage yang disiarkan langsung melalui TikTok LIVE di akun @tiktokofficialindonesia dan stasiun televisi RCTI pada Sabtu (29/10/2022).

Kreator konten asal Thailand, Thammachad, yang tampil pada acara tersebut mengaku senang membagikan konten di TikTok. Bahkan, ia tak menyangka, kontennya mendapatkan sambutan positif dari pengguna TikTok. Hanya dalam semalam, Thammachad bisa mendapatkan pengikut hingga ratusan ribu. Padahal, ia sebelumnya tak memiliki pengikut.

“Tahun-tahun (saya) indah bersama TikTok. Saya tidak pernah berharap memiliki 5 juta pengikut dan saya sangat bersyukur dapat menginspirasi mereka setiap hari,” ujarnya pada sesi FYP Inspiring Showcase.

Baca juga: Serunya Kolaborasi Kreator Konten dan Musisi se-Asia Tenggara di TikTok For You Stage

Pria yang berhasil meraih Creator of The Year Thailand itu mengatakan bahwa melalui TikTok, ia ingin membuat orang-orang bahagia, tertawa, dan menghidupkan kembali jiwa masa kecil yang kreatif serta tidak takut berpikir out of the box.

Keinginan itu pun diwujudkan saat tampil di panggung TikTok For You Stage. Thammachad berhasil memukau para penonton serta kedua pembawa acara Rina Nose dan Irfan Hakim lewat gaya berpakaian yang khas, yakni baju putih panjang dengan rambut berwarna biru dan putih, serta kuku panjang perak.

Hal serupa juga diutarakan konten kreator asal Filipina, Nanasilaryo. Perempuan yang tampil dengan gaun berwarna kuning ini mengatakan bahwa ia tidak pernah bermimpi mendapatkan pengakuan seperti sekarang.

Dengan rendah hati, ia pun berterima kasih atas cinta dan dukungan yang selama ini telah didapatkannya.

“Saya ingin berteriak untuk TikTok. Terima kasih telah menciptakan platform ini yang membuat orang-orang mendapatkan kesempatan nyata untuk membuat dampak, menjadi otentik, dan mewujudkan impian,” kata Nanasilaryo.

Baca juga: Aksi PSY Guncang Panggung TikTok For You Stage, Gangnam Style Jadi Penutup

Lain lagi dengan cerita kreator asal Vietnam Tuan Ngoc Day. Ia mengatakan, TikTok membuatnya bisa mewujudkan impian yang mungkin hampir berakhir.

Untuk diketahui, Tuan Ngoc Day pernah merasakan kegagalan tiga kali dalam satu tahun saat ingin menaklukkan dunia digital.

“Sekarang, saya jatuh cinta dengan hidup saya. Saya membuat video untuk membantu orang menggunakan perangkat teknologi. Kini, saya mendapatkan 2,5 juta pengikut dengan 120 juta likes berkat TikTok,” ujarnya.

Berkat TikTok pula, Tuan Ngoc Day berhasil mengelola dua perusahaan yang membawahi 30 kreator. Meski sibuk mengurus perusahaannya, ia tetap konsisten membuat konten video TikTok.

“Saya percaya, ribuan pembuat konten Vietnam memiliki hal-hal yang lebih menarik untuk diceritakan kepada Anda, teman-teman asing saya,” katanya.

Dukungan pengguna TikTok

Keberhasilan kreator TikTok juga tidak bisa dilepaskan dari peran masyarakat yang selalu mendukung kreator. Pasalnya, membuat konten yang dapat menghibur dan menginspirasi orang lain bukan hal yang mudah.

Hal tersebut dialami oleh kreator asal Malaysia, Khairulaming. Ia sendiri membuat video yang menginspirasi dari para pengikutnya.

Tangkapan layar acara TikTok For You Stage.Dok. TikTok Tangkapan layar acara TikTok For You Stage.

Melalui konten masaknya, ia bisa membantu ibu-ibu dalam menyiapkan makanan bagi keluarganya. Ada juga siswa yang berhasil menghemat uang saku dengan memasak menu yang pada kontennya.

Bahkan, ada beberapa kepala keluarga yang kehilangan pekerjaan selama pandemi Covid-19 dapat memulai hidup baru dengan menjual makanan yang dipelajari dari video miliknya.

“Kisah-kisah itu menyadarkan saya bahwa dampak dan nilai luar biasa dapat kami berikan kepada komunitas hanya melalui video berdurasi satu menit,” ujar Khairulaming.

Hal sama juga dirasakan oleh Ming Wei asal Singapura. Ia mengaku bahwa inspirasi kesuksesannya berasal dari pemirsanya sendiri. Menurutnya, pemirsa mampu mendorongnya untuk membuat lebih banyak konten inspiratif.

Baca juga: Kolaborasi, JKT48 dan MNL48 Bawakan Lagu Fortune Cookie di TikTok For You Stage

Penonton setianya juga membuat Ming sadar bahwa konten yang dibuat bersama ayahnya itu mampu membuat hari seseorang menjadi lebih baik. Hal ini membuat Ming terus maju.

“Karena itulah, saya selalu mencoba untuk membuat konten tentang pengalaman yang dapat dipahami oleh siapa pun. Tidak peduli dari negara mana mereka berasal dan bahasa apa yang mereka gunakan. Jadi, terima kasih kepada semua orang yang menonton video saya,” ujarnya.

Kreator TikTok dari Indonesia, yaitu Rival Amir, juga membagikan hal serupa. Sebelum menjadi kreator TikTok, Rival pernah bekerja menjadi satpam dan pekerja di hotel. Lalu, ia memilih pun serius menekuni dunia kreator konten di TikTok untuk bisa mandiri dan membantu adik-adiknya untuk sekolah.

“Di TikTok, kita bisa menyebarkan pesan positif, informasi yang bermanfaat, bahkan rasa kasih sayang. Terima kasih TikTok!” kata peraih Creator of The Year TikTok Awards Indonesia 2021 pada konten petualangan di alam Kolaka, Sulawesi Tenggara, yang belum terjamah itu.

Konten berdampak positif

Keinginan memberi dampak positif bagi masyarakat juga menjadi inspirasi dua kreator TikTok, yaitu Mas Eddy dan Pandawara Grup.

Mas Edy yang terkenal dengan akun TikTok @edy_art_project telah memiliki pengalaman selama 22 tahun berkeliling Indonesia untuk bersinergi dan berkarya.

Baca juga: Lagi Sakit, Fabio Asher Berusaha Tampil Terbaik di TikTok For You Stage

Ia pun membagikan cara untuk menciptakan perubahan melalui hal-hal sederhana yang berdampak besar bagi Indonesia melalui konten di TikTok. Salah satunya dengan membuat karya dari barang-barang bekas yang tidak terpakai di sekitar lingkungan.

Ia mengaku, kehidupannya berubah setelah menggunakan TikTok.

“Saat seseorang berkarya, TikTok dapat menjadi platform untuk orang lain melihat (karya tersebut) dan memungkinkan orang lain untuk mendapat manfaat atau terinspirasi dari apa yang saya lakukan,” ujar Mas Edy.

Sementara, Pandawara Grup yang beranggotakan lima orang pemuda ingin memberi dampak positif dengan konten-konten yang mengerahkan tenaga untuk membersihkan lingkungan.

Bahkan, anggota Pandawara Grup tak segan turun langsung membersihkan sampah di selokan dan sungai. Mereka ingin menyadarkan masyarakat bahwa bumi sedang tidak baik-baik saja.

“Kami ingin memberi pesan kepada masyarakat Indonesia untuk tidak menjadikan kegiatan yang kami lakukan sebagai tren. Sebab, tren sifatnya tidak selamanya. Sebaiknya, kegiatan yang kami lakukan (ini dapat) dilakukan sebagai kebiasaan,” ujar Pandawara Grup.

Mereka juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan peduli akan lingkungan.

Penampilan Slank di TikTok For You Stage.Dok. TikTok Penampilan Slank di TikTok For You Stage.

Melalui konten inspiratif yang dibagikan kepada seluruh pengguna TikTok, tak heran kedua kreator tersebut memiliki ratusan ribu pengikut.

Selain menceritakan kisah kreator konten, TikTok For You Stage juga menampilkan kolaborasi selebritas, musisi, dan kreator konten, baik lokal maupun mancanegara. JKT 48, misalnya, yang berkolaborasi dengan MNL 48 menyanyikan lagu “Fortune Cookies” dalam bahasa Indonesia dan Filipino.

Kemudian, ada penampilan apik dari Slank yang berkolaborasi dengan rapper Malikoendang menyanyikan lagu “Mars Slankers”.

Baca juga: Konser Slank di 5 Kota: Jadwal dan Harga Tiket

Selain itu, terdapat penampilan battle dance dari Ambyar People dan Palicte Family, dancing family asal Filipina.

Sejumlah figur publik juga turut tampil dalam acara tersebut, seperti Vidi Aldiano, Brisia Jodie, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Unity, Mikha Tambayong, Fabhio Asher, Wawan Teamlo, dan penyanyi asal Korea Selatan PSY.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai acara #TikTokForYouStage dan program-program seru lain, silakan kunjungi akun resmi TikTok Indonesia di @tiktokIDofficial.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.