Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Kata-kata Bijak tentang Kehidupan, Bisa Jadi Refleksi Akhir Tahun

Kompas.com - Diperbarui 28/12/2022, 17:31 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Today

KOMPAS.com - Selalu ada nilai baik yang dapat diambil dan dipelajari hikmahnya dalam perjalanan hidup kita selama setahun belakangan.

Menjelang pergantian tahun 2023 ini, rasanya tetap menjadi momen untuk kembali bersyukur atas segala hal yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Rasa syukur bisa diucapkan atas orang-orang baik di sekitar yang selalu membantu maupun pekerjaan yang bisa dijalani hingga hari ini.

Baca juga: 70 Kata-kata Bijak Penuh Makna di Hari yang Buruk

Sayangnya, sebagian orang belum bisa menemukan hal-hal baik dalam kehidupan karena tawar hati sehingga tidak mau bersyukur.

Padahal, bersyukur membantu mereka supaya menjadi pribadi yang lebih positif dan bahagia walaupun situasi sedang tidak baik-baik saja.

Kata-kata bijak tentang bersyukur

Ilustrasi bersyukurshutterstock Ilustrasi bersyukur

Ada berbagai kata bijak yang dapat dimaknai supaya orang bisa menemukan nilai baik dalam kehidupan dengan cara bersyukur.

Berikut daftarnya.

  1. Kekuatan menemukan keindahan dalam hal-hal paling sederhana yang membuat rumah menjadi bahagia dan hidup menjadi indah (Louisa May Alcott).
  2. Mari bersyukur untuk orang-orang yang membuat kita bahagia. Mereka adalah orang yang membuat hati kita berbunga-bunga (Marcel Proust).
  3. Rasa syukur merupakan salah satu emosi manusia yang paling kuat. Begitu diungkapkan, itu mengubah sikap, mencerahkan pandangan, dan memperluas perspektif kita (Germany Kent).
  4. Berjalanlah seolah-olah kamu sedang mencium Bumi dengan kakimu (Thich Nhat Hanh).
  5. Biarkan rasa syukur menjadi tumpuan bagimu untuk berlutut ketika mengucapkan doa malam. Dan, biarkan iman menjadi jembatan yang kamu bangun untuk mengatasi hal buruk dan menyambut kebaikan (Maya Angelou).
  6. Jangan merusak apa yang kamu miliki dengan menginginkan apa yang tidak kamu miliki. Ingatlah bahwa apa yang kamu miliki sekarang adalah salah satu dari hal-hal yang hanya kamu harapkan (Epicurus).
  7. Apa pun yang kamu hargai dan syukuri akan meningkat dalam hidupmu (Sanaya Roman).
  8. Kita bisa mengeluh karena mawar berduri atau bergembira karena duri memiliki mawar (Aphonse Karr).
  9. Syukur bukanlah emosi yang membebani (Loretta Young).
  10. Syukur adalah bentuk kebaikan yang paling indah (Jacques Maritain).
  11. Bersyukur atas apa yang kamu miliki, kamu memiliki lebih banyak hal. Jika kamu berkonsentrasi pada apa yang tidak kamu miliki, kamu tidak akan pernah merasa cukup (Oprah Winfrey).
  12. Meskipun kita memiliki hati yang sangat kecil, hati kita hanya dapat menampung rasa syukur yang cukup besar.
  13. Terserah kita untuk memilih kepuasan dan rasa syukur sekarang dan berhenti membayangkan bahwa kita harus memiliki segalanya dengan sempurna sebelum kita akan bahagia (Joanna Gaines).
  14. Mengakui kebaikan yang sudah kamu miliki dalam hidup adalah dasar untuk semua kelimpahan (Eckhart Tolle).
  15. Terima kasih adalah doa terbaik yang bisa diucapkan siapa pun. Aku sering mengatakan itu. Terima kasih mengungkapkan rasa syukur, kerendahan hati, dan pengertian yang luar biasa (Alice Walker).
  16. Jika satu-satunya doa yang kamu bisa ucapkan adalah "terima kasih", ini sudah cukup (Meister Eckhart).
  17. Syukur adalah salah satu keadaan yang paling kuat. Ini mengubah pandanganmu dari kekurangan menjadi kelimpahan dan memungkinkanmu untuk fokus pada kebaikan dalam hidup yang pada gilirannya kamu mendapat banyak kebaikan (Jen Sincero).
  18. Bersyukur tidak berarti bahwa segala sesuatunya itu baik. Itu hanya berarti kamu dapat menerimanya sebagai anugerah (Roy T. Bennett).
  19. Syukur membuat masa lalu kita menjadi masuk akal, membawa kedamaian untuk hari ini, dan menciptakan harapan untuk haru esok (Melody Beattie).
  20. Apresiasi adalah hal luar biasa. Itu membuat apa yang luar biasa pada orang lain menjadi milik kita juga (Voltaire).
  21. Sekali-kali Tuhan mengizinkanmu untuk melumpuhkan jari kakimu sebagai pengingat yang baik untuk bersyukur atas tubuh yang melekat padamu (Richelle E. Goodrich).
  22. Hidup adalah sebuah perayaan. Pertimbangkan segala sesuatu yang menbuatmu bahagia sebagai hadiah dari Tuhan dan katakan "terima kasih" (Frnacis Lucille).
  23. Syukur adalah kekayaan. Keluhan adalah kemiskinan.
  24. Aku berusaha keras untuk berpegang teguh pada kebenaran bahwa hati yang penuh dan bersyukur tidak dapat menghibur kesombongan yang besar. Saat dipenuhi dengan rasa syukur, detak jantung seseorang pasti menghasilkan cinta yang keluar, emosi terbaik yang pernah kita ketahui (Bill Wilson).
  25. Ketika kita fokus pada rasa syukur kita, rasa kekecewaan akan padam dan cinta akan masuk (Kristin Armstrong).
  26. Kebahagiaan tidak dapat dikunjungi, dimiliki, diperoleh, atau dipakai. Kebahagiaan merupakan pengalaman spiritual hidup setiap menit dengan cinta, anugera, dan rasa syukur (Denis Waitley).
  27. Bersyukur atas semua yang kamu miliki, kamu bisa bahagia persis seperti dirimu sendiri (Mandy Ingber).
  28. Tidak punya buku cek, tidak punya rekening di bank. Tetap saja aku ingin mengucapkan terima kasih karena aku mendapatkan matahari di pagi hari dan bulan di malam hari (Irving Berlin).
  29. Syukur membantumu untuk tumbuh dan berkembang. Syukur membawa sukacita dan tawa ke dalam hidup dan ke dalam kehidupan orang di sekitarmu (Eileen Caddy).
  30. Kegembiraan merupakan bentukr asa syukur yang paling sederhana 9Karl Barth).
  31. Terima kasih dalam diam tidak banyak berguna bagi siapa pun (Gertrude Stein).
  32. Penghormatan tertinggi kepada orang meninggal bukanlah kesedihan tetapi rasa terima kasih (Thornton Wilder).
  33. Yang membedakan hak istimewa dari sebuah hak adalah rasa syukur (Brené Brown).
  34. Syukur adalah tanda jiwa yang mulia (Aesop).
  35. Hidup dalam keadaan bersyukur adalah pintu gerbang menuju rahmat. (Ariana Huffington).
  36. Hati yang tidak tahu berterima kasih tidak menemukan belas kasihan, tetapi hati yang bersyukur akan menemukan, di setiap jam, beberapa berkat dqari Surga (Henry Ward Beecher).
  37. Syukur adalah penghantar yang kuat untuk kebahagiaan. Ini adalah percikan yang menyalakan api kegembiraan dalam jiwamu (Amy Collette).
  38. Syukur mengubah kepedihan ingatan menjadi sukacita yang menenangkan (Dietrich Bonhoeffer).
  39. Cara terbaik untuk menunjukkan rasa terima kasih adalah menerima segala sesuatu, bahkan masalah, dengan sukacita (Bunda Teresa).
  40. Dari semua hal yang dibutuhkan untuk kehidupan yang bahagia dan layak secara moral, tidak ada yang melebihi rasa syukur. Orang yang bersyukur lebih bahagia, dan orang yang bersyukur lebih baik secara moral (Dennis Prager).
  41. Syukur adalah emosi ilahi. Itu mengisi hati dan menghangatkannya (Charlotte Bronte).
  42. Ketika seseorang tidak memiliki rasa syukur, ada sesuatu yang hilang dalam dirinya. Seseorang hampir dapat ditentukan oleh sikapnya terhadap rasa syukur (Elie Wiesel).
  43. Apresiasi dapat membuat hari, bahkan mengubah hidup. Kemauanmu untuk mengungkapkannya dengan kata-kata adalah semua yang diperlukan (Margaret Cousins).
  44. Syukur, kehangatan, ketulusan, ketika menguasai hati, mengisi jiwa hingga meluap dan menyisakan sedikit ruang untuk sentimen atau pemikiran lain (John Quincy Adams).
  45. Memberi adalah ungkapan rasa syukur atas berkat-berkat kita (Laura Arrillaga-Andreessen).
  46. Merasa bersyukur dan tidak mengungkapkannya seperti membungkus hadiah dan tidak memberikannya (William Arthur Ward).
  47. Jika kamu ingin menemukan kebahagiaan, temukan rasa syukur (Steve Maraboli).
  48. Aku mungkin tidak berada di tempat yang aku inginkan, tetapi aku bersyukur karena tidak berada di tempatku dulu (Habeeb Akande).
  49. Aku senang karena diriku bersyukur. Aku memilih untuk bersyukur. Rasa syukur itu membuatku bahagia (Will Arnett).
  50. Dalam hidupmu sendiri, penting untuk mengetahui betapa spektakulernya kamu (Steve Maraboli).

Baca juga: Bersyukur Bisa Tingkatkan Kebahagiaan, Ini Alasannya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com