Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Benarkah Laki-laki dan Perempuan Tidak Bisa Berteman?

Kompas.com - 07/11/2022, 17:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Zen Wisa Sartre dan Ikko Anata

KOMPAS.com – Tidak jarang ketika ada laki-laki yang pergi main atau sedang menghabiskan waktu bersama teman perempuannya, akan banyak yang menganggap mereka sebagai pasangan.

Tentu, hal ini menyebabkan masalah karena akan banyak rumor yang bertebaran. Terlepas dari itu semua, bisakah laki-laki dan perempuan berteman? Perdebatan terus berlanjut. Mengapa selalu ada anggapan bila laki-laki dan perempuan bersama, maka mereka sedang menjalin hubungan?

Tidak bisakah laki-laki dan perempuan saling membantu dan menjadi support system tanpa ada bumbu romansa? Inilah yang diobrolin Anya dan Banni dalam siniar Kosan HAI bertajuk “Cewek Cowok Barengan, Emang Harus Pacaran?!” yang bisa diakses melalui tautan berikut spoti.fi/3CEC3Xx.

Dilansir dari Scientific American, laki-laki dan perempuan bisa saja berteman, tetapi potensi atau elemen-elemen romansa tetap saja mengintai di saat kita tidak pernah menyangka.

Dalam buku Men Are From Mars and Women Are From Venus dijelaskan bahwa laki-laki dan perempuan sulit untuk menjadi teman sejati. Karena hubungan yang menjurus ke arah romansa hampir tak terhindarkan.

Baca juga: Kenapa Manusia Bisa Sulit Berempati?

Belum lagi lingkungan sekitar yang akan menganggap bahwa mereka sedang menjalani hubungan serius, namun tidak mau mengungkapkannya. Akan tetapi, mengapa lingkungan atau masyarakat sekitar selalu beranggapan demikian?

Merujuk Psychology Today, masyarakat telah mengonstruksi hubungan laki-laki dan perempuan pasti ke arah romansa karena adanya persepsi melanjutkan keturunan. Konstruksi tersebut mengakibatkan sulitnya persahabatan lawan jenis yang murni tanpa ada romansa.

Pasalnya, laki-laki juga cenderung untuk memiliki rasa suka terhadap perempuan, meskipun telah berteman sejak lama. Bisa jadi juga laki-laki tersebut memendam perasaannya karena tidak ingin hubungan pertemanan yang rusak sebagai imbas dari perasaannya, terlebih semakin sering berinteraksi semakin intens juga ketergantungan atas satu sama lain.

Akan tetapi, bagaimana bila kita ingin menjaga hubungan pertemanan tanpa romansa? Penting bagi suatu hubungan untuk memiliki sebuah batasan yang dimengerti oleh orang-orang yang berada di dalamnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.