Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Buah yang Dapat Kurangi Peradangan dan Perlambat Penuaan

Kompas.com - 08/11/2022, 11:39 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak penyakit saat ini — seperti diabetes, jantung, kanker, alzheimer, dan nyeri sendi — yang semuanya dikaitkan dengan peradangan kronis.

Kabar baiknya, ada banyak cara untuk melawan peradangan dan memperlambat penuaan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah.

Menurut ahli nutrisi dan pendiri Dietitian Doc, Annelie Vogt von Heselholt, RD, kekuatan buah terletak pada antioksidannya, yakni molekul yang menetralisir radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

Tetapi karena tidak semua buah memiliki jenis antioksidan yang sama, penting untuk memiliki beberapa variasi dalam diet.

Baca juga: 10 Makanan Kaya Antioksidan, Mau Coba?

Buah untuk mengurangi peradangan

Nah, untuk mengetahui buah mana yang berada di daftar teratas dalam hal mengurangi peradangan dan memperlambat penuaan, simak beberapa pilihan yang disetujui para ahli, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Bluberi

ilustrasi blueberry atau bluberi, buah tinggi serat yang cocok dikonsumsi saat diet. FREEPIK/4045 ilustrasi blueberry atau bluberi, buah tinggi serat yang cocok dikonsumsi saat diet.
Penelitian menunjukkan bahwa bluberi memiliki tingkat antioksidan tertinggi di antara semua buah yang populer.

Itu seharusnya menjelaskan mengapa satu studi tahun 2019 di Nutrients menemukan bluberi dapat mengurangi nyeri lutut dan kekakuan pada penderita arthritis, atau suatu kondisi yang ditandai dengan peradangan sendi.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam bluberi mampu membantu mengurangi penurunan kognitif terkait usia," kata ahli diet, Kayley Myers, RD.

"Namun, kualitas bluberi yang melindungi otak terlihat dalam penelitian pada hewan, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia," lanjut dia.

Sementara itu, Vogt von Heselholt mengungkapkan bahwa satu cangkir bluberi menyediakan 487 miligram antosianin.

"Antosianin dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang menyebabkan penuaan dini, penurunan fungsi otak, penyakit jantung, dan kanker," terangnya.

Secara khusus, antosianin memiliki efek seperti probiotik pada usus yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah kanker usus besar.

Antosianin juga dapat membantu tubuh menjadi lebih sensitif terhadap insulin dan lebih efektif menggunakan glukosa, yang keduanya dapat membantu mencegah diabetes.

Vogt von Heselholt juga mencatat bahwa bluberi liar sering kali mengandung antioksidan yang lebih tinggi daripada yang ditanam secara komersial.

Baca juga: 5 Manfaat Sehat dari Makan Bluberi, Sudah Tahu?

2. Grapefruit

Ilustrasi grapefruit atau limau gedang Ilustrasi grapefruit atau limau gedang
Memasukkan grapefruit ke dalam smoothie atau menikmatinya sebagai pencuci mulut dapat membantu kita melawan peradangan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com