Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

8 Hal yang Harus Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Menikah

Kompas.com - 08/11/2022, 20:48 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Inge Shafa Sekarningrum dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Sebelum menikah, pasti ada banyak hal yang harus dipersiapkan, termasuk untuk menghadapi masalah-masalah di kemudian hari. Mulai dari konflik keluarga, hingga masalah saat persiapan sebelum menikah.

Kamu dan pasangan pun akan membutuhkan edukasi sebelum pernikahan untuk mempersiapkan diri sebelum menikah dan kehidupan berkeluarga.

Dalam siniar Obrolan Meja Makan episode “Seberapa Siap Kamu untuk Menikah?” membahas seputar persiapan yang bisa dilakukan pasangan sebelum menikah yang disampaikan oleh Fia Helmi dan Mega Anissa yang bisa diakses melalui dik.si/OMMSiapNikah.

Saling percaya dan setia saja tidak cukup untuk mempersiapkan sebuah pernikahan. Pasangan harus membicarakan hal-hal penting yang kemungkinan besar akan dihadapi saat berkeluarga.

Baca juga: Benarkah Laki-laki dan Perempuan Tidak Bisa Berteman?

Itulah mengapa daftar pertanyaan berikut penting untuk ditanyakan saat berkencan dan sebelum menikah karena akan berguna sebelum hari pernikahan dan lama setelahnya.

1. Keuangan

Berbicara tentang uang bisa menjadi langkah untuk mencegah perselingkuhan finansial. Hal-hal yang harus didiskusikan bersama pasangan meliputi

  • Bagaimana kamu memandang uang?
  • Apakah kamu seorang pemboros atau penabung?
  • Jika kamu memiliki pendapatan yang dapat dibelanjakan, bagaimana kamu membelanjakannya?
  • Apakah rekening pasangan harus dipisah atau digabung?
  • Apakah salah satu dari pasangan menghasilkan lebih banyak uang daripada yang lain? Jika demikian, bagaimana kamu akan membagi pengeluaran?
  • Bagaimana dengan pembelian-pembelian besar? Seperti properti, kendaraan, dan lain sebagainya?
  • Apakah kamu memiliki hutang?
  • Bagaimana biaya rumah akan dibayar?
  • Bagaimana dengan pergi keluar? Siapa yang menanggung biaya itu?
  • Apakah kamu mendapatkan bonus di tempat kerja? Apa yang akan kamu lakukan dengan uang itu?

2. Seks

Ya. Kita harus bicara tentang seks dengan pasangan sebelum menikah. Seks adalah komponen integral dan sehat dari suatu hubungan. Tidak hanya tentang keuangan yang penting, namun hal ini juga penting untuk dibicarakan, termasuk cek kesehatan bersama pasangan.

Kamu bisa menggali topiknya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apakah kamu berbicara tentang seks di rumah tangga saat tumbuh dewasa? Apakah itu hal yang tabu?
  • Apakah agama berperan dalam kehidupan seksual kamu?
  • Apa arti seks bagi kamu?
  • Apakah kamu memiliki harapan tentang seks ke depannya?
  • Apakah kamu merasa nyaman dan aman membicarakan kebutuhan kamu satu sama lain? Mengapa iya atau mengapa tidak?

3. Keluarga Besar

Menikah berarti menyatukan dua kepala dan dua keluarga. Setiap individu pasti memiliki pikiran yang berbeda, terlebih keluarga. Mungkin akan ada banyak perbedaan termasuk lingkungan dan kebiasaan.

Baca juga: Kenapa Perempuan Sulit Keluar dari Abusive Relationship?

Kamu bisa bertanya hal-hal, seperti apa perbedaan dalam keluarga asal kamu? Apakah keluarga kamu rukun? Seberapa signifikan perbedaannya? Seberapa mirip mereka? Apakah sulit untuk mengekspresikan diri di keluarga? Apakah ada tradisi dalam keluarga? Apakah akan ada konflik antar tradisi, terutama di sekitar waktu liburan?

4. Nilai

Apakah kamu memiliki nilai yang sama atau berbeda dalam hal kejujuran, integritas, keluarga, pekerjaan, agama, dan gaya hidup? Hal tersebut penting untuk mengenal pasangan.

Dan apakah kamu berada di posisi yang sama? Jika ada perbedaan, nilailah seberapa sulit perbedaan itu untuk diselesaikan dan apakah ada ruang untuk kompromi.

5. Gaya Hidup

Apa persamaan versus perbedaan gaya hidup kamu?

Dalam hal penggunaan media sosial, apa batasannya? Bicarakan tentang bagaimana kamu suka menghabiskan waktu sendiri dan bersantai atau jauh dari pekerjaan dan apa harapan kamu saat menikmati waktu sendirian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com