Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kayu Manis Dapat Turunkan Gula Darah dan Atasi Diabetes, Benarkah?

Kompas.com - 09/11/2022, 11:08 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Kayu manis adalah rempah-rempah aromatik yang berasal dari kulit pohon Cinnamomum.

Meskipun orang-orang sering mengaitkan rempah-rempah ini sebagai bumbu masakan, namun kayu manis sebenarnya telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional maupun pengawetan makanan.

Untuk mendapatkan kayu manis, kulit bagian dalam pohon Cinnamomum harus dibuang.

Kulit kayu kemudian mengalami proses pengeringan yang menyebabkannya menggulung dan menghasilkan batang kayu manis, yang selanjutnya dapat diproses menjadi bubuk kayu manis.

Baca juga: Kayu Manis: Nutrisi, Manfaat, dan Cara Mengolahnya

Mengandung antioksidan untuk manfaat kesehatan

Ada dua jenis kayu manis yang umum diketahui yakni cassia dan ceylon.

Walaupun memiliki kualitas yang berbeda, namun keduanya tetap mengandung antioksidan yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Faktanya, satu studi pada 84 orang dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) menemukan bahwa mengonsumsi 1.500 miligram kayu manis setiap hari dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah setelah 8 minggu secara signifikan.

Antioksidan ini sangatlah penting karena juga bisa membantu tubuh mengurangi stres oksidatif, atau sejenis kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya.

Satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 gram ekstrak kayu manis setiap hari selama 12 minggu mampu mengurangi kadar gula darah puasa dan meningkatkan penanda stres oksidatif pada penderita diabetes tipe 2.

Ini penting karena stres oksidatif telah dikaitkan dengan perkembangan hampir setiap penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2.

Baca juga: 5 Manfaat Teh Kayu Manis, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

Meningkatkan sensitivitas insulin

Bagi para penderita diabetes, pankreas mereka mungkin tidak dapat memproduksi cukup insulin atau sel-sel tidak merespons insulin dengan benar, yang menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Kayu manis dapat membantu menurunkan gula darah dan melawan diabetes dengan meniru efek insulin dan meningkatkan pergerakan gula dari aliran darah ke dalam sel.

Ini juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, yang membuat insulin lebih efisien dalam memindahkan gula ke dalam sel.

Satu studi pada 80 orang dengan PCOS menemukan bahwa mengonsumsi 1,5 gram bubuk kayu manis setiap hari selama 12 minggu menyebabkan penurunan yang signifikan dalam kadar insulin puasa dan meningkatkan sensitivitas insulin dibandingkan dengan plasebo.

Demikian pula, penelitian lain menemukan bahwa mengonsumsi 250 miligram kayu manis dua kali sehari selama 2 bulan meningkatkan sensitivitas insulin pada 137 orang dengan kadar gula darah tinggi.

Halaman:
Sumber Healthline


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com