Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2022, 06:27 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meditasi adalah cara untuk menjernihkan dan memfokuskan pikiran sekaligus memberikan rasa kedamaian bagi jiwa.

Praktik ini diyakini sudah dimulai sejak 5000 SM dan masih diandalkan sebagian orang hingga saat ini untuk menenangkan diri sendiri.

Dilansir dari Lifestyle Asia, meditasi yang membutuhkan ketenangan dan pengaturan napas dipercaya bermanfaat bagi kesehatan.

Peneliti mengatakan bahwa meditasi dapat menurunkan tingkat kecemasan dan depresi, tapi juga meningkatkan perhatian dan konsentrasi.

Di Harvard, praktik tersebut justru diyakini meningkatkan ketebalan kortikal (tulang kompak) di hipokamus dan area otak lainnya.

Manfaat meditasi yang satu ini bertanggung jawab atas memori atau ingatan, pembelajaran, dan pengaturan emosi.

Baca juga: Serba-Serbi Meditasi: Jenis, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Cara melakukan meditasi di rumah

Meditasi terbukti bermanfaat bagi kesehatan, namun tidak semua orang paham cara melakukan praktik ini -termasuk ketika mereka berada di rumah.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai meditasi di rumah tanpa biaya sepeser pun supaya manfaatnya bisa dirasakan.

1. Rutin bermeditasi

Meluangkan waktu khusus untuk bermeditasi setiap hari, meskipun hanya beberapa menit, adalah hal yang penting supaya rutinitas terbentuk.

Seperti setiap keterampilan lainnya, meditasi dan perhatian membutuhkan latihan, terutama jika orang ingin fokus pada kondisi saat ini ketika stres.

2. Cari tempat yang nyaman

Ada yang meyakini bahwa meditasi bisa dilakukan di mana pun dengan cara yang sederhana, seperti memejamkan mata dan mengatur napas.

Namun, ada baiknya meditasi dilakukan secara proper supaya orang bisa fokus dan tidak mudah terdistraksi dengan situasi di sekitar.

Carilah tempat yang bisa "dikuasai" ketika bermeditasi, mulai dari tempat tidur, ruang tamu, bahkan kamar mandi.

Selama tempat yang digunakan memberikan rasa nyaman, gunakanlah untuk mencari rasa damai saat bermeditasi.

3. Buka pikiran

Tidak sedikit orang berpikir bahwa meditasi berarti duduk bersila dan tidak melakukan apa-apa, tetapi anggapan jauh dari benar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com