Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Memilih dan Memakai Sneaker untuk Orang-orang di Atas 65 Tahun

Kompas.com - 13/11/2022, 20:01 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Sneaker mungkin menjadi salah satu jenis sepatu yang memiliki banyak fungsi, baik itu untuk berolahraga maupun memenuhi kebutuhan fesyen.

Selain itu, tidak batasan usia untuk memakai sneaker, karena dalam beberapa kasus, para lansia juga merasa lebih nyaman ketika harus berolahraga atau berpergian memakai sepatu ini.

Namun, sebelum kita memakai sneaker, pastikan untuk memilih sepatu yang terbaik mulai dari bahan, faktor kenyamanan, hingga modelnya.

Nah, sebagaimana dilansir dari laman Best Life, berikut adalah tips memilih dan memakai sneaker bagi para lansia, terutama yang sudah berusia di atas 65 tahun.

1. Mencari sneaker yang nyaman

Meskipun kita mengedepankan fesyen atau penampilan yang bagus, tapi kenyamanan tetap harus menjadi prioritas dalam memilih sepatu.

"Seiring bertambahnya usia, kaki mungkin menjadi kurang fleksibel dan lebih rentan terhadap cedera. Jadi, carilah sepatu yang memberikan dukungan di semua tempat yang tepat seperti melalui bantalan atau penyangga lengkung."

Demikian saran dari Daniel Pledger, seorang ahli penyakit kaki dan pendiri ePodiatrists.

"Carilah sepatu yang terbuat dari bahan yang dapat bernapas seperti mesh atau kulit yang membantu menjaga kaki tetap sejuk dan kering. Ini tidak hanya akan membuat sepatu lebih nyaman, tetapi juga membantu mencegah terjadinya cedera," jelas dia.

2. Perhatikan kesesuaiannya

Ketika kita berusia di atas 60 tahun, memilih sepatu yang pas dan sesuai sangatlah penting.

"Seiring bertambahnya usia, kaki kita mulai berubah bentuk dan ukuran."

"Untuk memastikan kecocokan terbaik, penting untuk berinvestasi pada sneaker yang mengakomodasi perubahan ini," kata Pledger.

"Pilihlah sepatu yang sedikit lebih besar dari ukuran kaki yang sebenarnya," ujar dia.

Sementara itu, seorang pedorthist di Northern Illinois Foot and Ankle Specialists, Michael Fishkin menyarankan untuk mengukur kaki terlebih dulu saat sedang mencoba sepatu.

"Kaki kita harus memiliki panjang setengah hingga satu kuku ibu jari penuh dari ujung sepatu hingga ujung kaki terpanjang untuk memastikan panjang yang tepat," terangnya.

3. Memilih sepatu kustom

Jika ketidaksesuaian adalah masalah nyata bagi kita, Pledger mengatakan bahwa kita bisa mempertimbangkan untuk membeli sneaker kustom dari toko.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com