Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Bahaya Menakuti Anak dengan Kisah Horor Saat Kecil

Kompas.com - 14/11/2022, 07:29 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Mengasuh anak memang bukan hal yang mudah. Hal ini sering kali dirasakan oleh para ibu yang hampir berada 24 jam bersama anaknya. Jika ditanya, apa yang paling sulit dari mengasuh anak, para ibu mungkin akan menjawab “membuat anak nurut”.

Dalam hal ini, orangtua pasti pernah membuat skenario sesuatu yang menyeramkan agar anak mau menurutinya. Misalnya saja saat menidurkan anak mereka atau ketika anak pergi ke suatu tempat sendirian.

Tidak jarang ditemukan orangtua di Indonesia yang langsung menakut-nakuti anak dengan kisah-kisah horor atau menyebut entitas horor yang kita kenali.

Orangtua bahkan mengarang cerita tentang melihat monster di dalam lemari dan menceritakannya kepada anak-anak mereka.

Mereka akan memberi tahu anak-anak mereka bahwa monster itu telah dibunuh atau diusir, tetapi monster itu akan kembali jika mereka tidak berperilaku baik atau pergi tidur lebih awal.

Apa pun perilaku yang tampak pada saat itu, para ibu ini tidak tahu bahwa mereka menanamkan unsur ketakutan dalam pikiran anak-anak mereka, yang akan memiliki konsekuensi jangka panjang bagi kesehatan mental mereka.

Dibanding menakut-nakuti, siniar Dongeng Pilihan Orangtua memiliki beberapa cerita petualangan seru yang bisa didengarkan anak, misalnya dalam episode bertajuk “Cerita Satu Malam yang Mencekam” yang dapat diakses melalui https://dik.si/DopingMalamMencekam.

Hal menakut-nakuti ini memang terkadang efektif untuk mengatur anak, tetapi orangtua tanpa sadar telah menanamkan rasa takut berkepanjangan yang mungkin dibawa anak hingga dewasa.

Efeknya mungkin tidak terlihat sekarang, tetapi rasa takut itu dapat bertransformasi ke banyak gangguan mental lainnya.

Baca juga: OCD, Gangguan Mental yang Kerap Disalahartikan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com