Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2022, 10:47 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Di tengah kegelapan, kesunyian, dan kekacauan garasi, tempat ini sering kali digunakan oleh tikus untuk bersarang.

Hewan pengerat tersebut memilih bersembunyi di garasi untuk berkembang biak, berlindung, sekaligus mendapatkan sumber makanan termasuk air.

Tikus yang telanjur bersarang di garasi sebaiknya tidak dibiarkan berlama-lama karena keberadaan mereka berisiko menyebabkan kerusakan.

Pasalnya, tikus yang bersembunyi di garasi secara cepat dapat beranak pinak, merusak kabel, perkakas, bahkan motor atau mobil.

Hal-hal tersebut tentunya tidak diinginkan penghuni rumah mana pun karena ulah tikus menyebabkan kerugian material bagi mereka.

Baca juga: 6 Makanan yang Mengundang Tikus Bersarang di Dapur

Cara mengusir tikus dari garasi

Ketika garasi sudah dikuasai oleh tikus dan beberapa kerusakan mulai dirasakan, usir hewan pengerat ini dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Pasang perangkap pegas

Perangkap pegas adalah salah satu jebakan yang sering kali diandalkan orang untuk membasmi tikus yang bersarang di rumah termasuk di garasi.

Jenis jebakan yang satu ini bisa diletakkan di tempat-tempat yang kerap didatangi tikus dan bisa diketahui dari keberadaan sarang atau kotoran.

Umpan yang digunakan pun beragam, mulai dari makanan hewan peliharaan, biji-bijian, cokelat, dan selai.

Perangkap pegas bisa mematikan tikus dalam sekejap karena leher atau tubuhnya terhimpit dan menjerat kaki atau ekor dari hewan ini.

Ketika orang memasang perangkap pegas, jebakan ini perlu dicek setiap hari untuk memastikan tikus sudah terperangkap atau belum.

Jangan sampai tikus yang sudah mati karena perangkap pegas dibiarkan hingga berhari-hari karena bisa menimbulkan bau busuk.

2. Gunakan lem tikus

Memanfaatkan zat lilin yang sangat lengket, seperti lem tikus, dapat menangkap tikus yang berkeliaran di garasi.

Hewan pengerat yang menjadi musuh manusia ini bisa dijebak menggunakan lem tikus.

Orang yang mendapati tikus terperangkap di lem tikus sebaiknya segera membunuh hewan pengerat ini supaya tidak kembali ke dalam rumah.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com