Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2022, 19:25 WIB

KOMPAS.com - Setelah hiatus selama beberapa tahun akibat pandemi Covid-19, seni pertunjukkan Broadway atau drama musikal akhirnya hadir di Indonesia melalui "Rent: The Musical".

Di Broadway, Rent menjadi salah satu drama musikal dengan durasi pentas terlama yakni 12 tahun (1996-2008), yang juga telah dipentaskan di lebih dari 50 negara.

Tentu, Rent bisa mengobati kerinduan para pencinta Broadway di Indonesia untuk menyaksikan pementasan drama musikal yang berkualitas.

Apalagi, di tengah isu pandemi yang masih berlangsung sampai sekarang, Rent dapat menjadi sebuah drama yang menampilkan harapan di tengah kesulitan.

Bercerita tentang HIV/AIDS

Drama musikal ini menjadi salah satu Broadway legendaris karya mendiang komponis ternama asal Amerika, Jonathan Larson.

Rent menceritakan tentang kisah sekelompok seniman muda yang harus berjuang keras untuk bertahan hidup di tengah kesulitan kemiskinan dan di bawah bayang-bayang HIV/AIDS.

Pertunjukan ini tentunya akan memberikan pengalaman baru yang sarat emosi kepada penonton dengan musikalitas yang energik.

Hal ini menjadikan pertunjukan ini pantas disebut sebagai tontonan yang menyentuh, menggelitik, dan menginspirasi.

CEO & Producer Teman Musicals yang menggelar pementasan adaptasi show Broadway, Chriskevin Adefrid menguraikan pandangannya.

Dia menjelaskan, drama musikal ini tidak hanya sekadar menjadi hiburan, namun juga dapat meningkatkan kesadaran mengenai stigma buruk HIV AIDS.

"Pertunjukkan Rent mengangkat isu sosial HIV/AIDS yang digambarkan dengan sangat nyata," kata dia saat konferensi pers di Ciputra Artpreneur Gallery, Jakarta, Kamis (17/11/2022).

"Untuk itu, Teman Musicals juga ingin membawa misi sosial dan kemanusiaan dengan mengampanyekan anti diskriminasi terhadap ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) yang masih memiliki stigma buruk di tengah masyarakat," ujar dia.

Ada pun pertunjukan Rent The Musical akan berlangsung pada tanggal 25–27 November 2022 yang akan dipentaskan oleh puluhan seniman dan musisi muda Indonesia dalam lima kali pertunjukan di Teater Ciputra Artpreneur Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.