Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2022, 07:45 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu makanan sehat yang kerap diandalkan ketika sarapan adalah oatmeal yang terbuat dari oat atau Avena sativa.

Oatmeal yang dapat dipadukan dengan berbagai topping sering kali disebut sebagai makanan sehat karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Dalam semangkuk oatmeal, orang bisa mendapatkan asupan magnesium, fosfor, zinc, zat besi, termasuk vitamin B5 dalam sekali makan ketika sarapan.

Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam oatmeal tentunya mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh apabila rutin dikonsumsi setiap pagi.

Baca juga: Makan Oatmeal untuk Turunkan Berat Badan? Begini Tipsnya

Lantas, apa sajakah manfaat makan oatmeal ketika sarapan supaya kesehatan tubuh selalu terjaga? Berikut penjelasannya.

Manfaat makan oatmeal

Dilansir dari Health Essentials, terkuak apa saja manfaat menyantap oatmeal sebelum mulai beraktivitas. Simak di bawah ini.

1. Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula darah penting untuk dijaga untuk membantu mencegah sekaligus menurunkan masalah kesehatan serius yang mungkin terjadi di masa depan.

Dalam hal ini, kadar gula yang tidak terkontrol berisiko menyebabkan penyakit jantung, gangguan penglihatan, dan gangguan pada ginjal.

Walau risiko yang diakibatkan sangatlah serius, untungnya oatmeal dapat mencegah kemungkinan-kemungkinan buruk karena kadar gula darah tidak terkontrol.

Pasalnya, makanan tersebut mengandung serat larut yang dikenal sebagai beta glukan untuk memperlambat penyerapan glukosa dalam darah.

Ketika beta glukan masuk ke dalam tubuh, serat larut ini terurai menjadi larutan seperti gel yang melapisi usus.

Lapisan yang dihasilkan beta glukan pada gilirannya akan memperlambat seberapa cepat gula memasuki aliran darah secara alami.

Tak hanya itu, rutin makan oatmeal juga ideal untuk penderita diabetes tipe 2 supaya kadar gula darahnya selalu terjaga.

Baca juga: Apa Itu Oatmeal dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh?

Mengatasi sembelit bisa mengurasi risiko kentut bau.Shutterstock/CHAjAMP Mengatasi sembelit bisa mengurasi risiko kentut bau.

2. Menyehatkan pencernaan

Oatemal yang kaya serat dapat membantu buang air besar (BAB) menjadi lancar lantaran feses menjadi mudah dikeluarkan karena lunak.

Manfaat makanan yang satu ini untuk memperlancar sempat dibuktikan peneliti dalam studi The Journal of Nutrition, Health & Aging tahun 2010.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com