Kompas.com - 21/11/2022, 07:48 WIB

KOMPAS.com - Peningkatan frekuensi berkemih yang menyebabkan ibu hamil mondar-mandir ke toilet untuk buang air kecil sangatlah normal terjadi.

Ibu kemungkinan menjadi sering buang air kecil sejak awal masa kehamilan, tetapi mereka tidak selalu merasakan anyang-anyangan atau disuria.

Kalau pun ada ibu hamil mengalami perasaan buang air kecil yang tidak tuntas akibat anyang-anyangan, kondisi ini bisa menandakan adanya masalah.

Untungnya, ada cara untuk mengatasi anyang-anyangan pada ibu hamil, terutama jika rasa tidak nyaman ketika buang air kecil menunjukkan infeksi saluran kemih (ISK) -yang dialami tujuh persen wanita hamil.

Baca juga: Penyebab Anyang-anyangan, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Penyebab anyang-anyangan

Ibu hamil akan mengalami frekuensi berkemih tapi tidak selalu dibarengi dengan anyang-anyangan menurut profesor di departemen kebidanan dan ginekologi, Sarah Prager, MD.

Walau pun ada beberapa penyebab ketidaknyamanan saat buang air kecil selama berbadan dua, penyebab paling umum dari kondisi ini adalah ISK.

Sementara itu, dokter spesialis kedokteran ibu-janin asal California, AS, Alan Fishman, MD, membeberkan mengapa ISK bisa dialami ibu selama berbadan dua.

Fishman menjelaskan bahwa ISK sering terjadi selama kehamilan karena perubahan hormonal yang menyebabkan saluran kemih menjadi rileks.

Penyebab lain dari ISK yang menimbulkan anyang-anyangan selama ibu hamil adalah perubahan mekanis karena pembesaran rahim.

Jadi, apabila ibu merasa tidak nyaman ketika buang air kecil selama masa kehamilan, kondisi ini bisa menyebabkan ISK atau nyeri kandung kemih.

Halaman:
Sumber The Bump


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.