Kompas.com - 21/11/2022, 12:49 WIB

KOMPAS.com - Menggunakan skincare secara rutin adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk membuat kulit lebih sehat dan tampak lebih cerah.

Namun, dengan banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran saat ini, hal tersebut bisa jadi sangat memusingkan dan menyulitkan kita dalam menentukan pilihan skincare mana yang tepat digunakan sehari-hari.

"Rutinitas skincare harus benar-benar disesuaikan berdasarkan jenis kulit dan apa tujuannya," kata dokter spesialis kulit, Dr Shilpi Khetarpal, MD.

"Untuk orang yang lebih muda, ini tentang melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi. Untuk seseorang yang berjerawat, ini tentang mengatasinya."

"Bagi seseorang yang memiliki kulit yang lebih dewasa, ini mungkin tentang mencegah garis-garis halus, perubahan warna, dan tanda-tanda penuaan lainnya," sambung dia.

Baca juga: Kebiasaan Penting dalam Rutinitas Skincare di Usia 30-an

Nah, untuk membantu rutinitas skincare jadi lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan kulit, Khetarpal pun merekomendasikan beberapa tips melalui panduan sederhana, seperti yang dilansir dari laman Cleveland Clinic berikut ini.

Rutinitas skincare pagi hari

"Biasanya, saya menganggap rutinitas pagi hari sebagai perlindungan kulit dan rutinitas malam hari sebagai perbaikan kulit," ungkapnya.

Khetarpal pun merekomendasikan untuk memulai dengan tiga produk ini di pagi hari:

• Pembersih

Menurut Khetarpal, mencuci wajah dengan pembersih yang lembut dan tidak mengandung obat bisa membersihkan kulit tanpa membuatnya terlalu kering.

• Krim, serum, atau face oil mengandung antioksidan

Kita juga bisa mencari sesuatu yang mengandung antioksidan seperti vitamin C atau E atau asam ferulat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.