Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2022, 05:22 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain serum wajah, kini serum bulu mata (lash serum) juga banyak diminati oleh perempuan untuk merawat bulu mata agar lebih lentik dan tidak mudah rontok.

Bahkan, menurut data dari Exploding Topics, video mengenai serum bulu mata terbaik di aplikasi TikTok menjadi salah satu yang paling trending, dengan peningkatan hingga 170 persen dalam enam bulan terakhir.

Nah, serum bulu mata diklaim memiliki banyak manfaat untuk menjaga dan merawat bulu mata kita tetap cantik, tetapi ada beberapa hal yang penting yang perlu diketahui seperti bagaimana cara kerjanya dan apakah serum bulu mata aman digunakan sehari-hari.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, para ahli pun memberikan penjelasan dan fakta-fakta seputar serum bulu mata, sebagaimana dilansir Yahoo Lifestyle berikut ini.

Baca juga: Agar Bulu Mata Tumbuh Lebat dan Kuat

Mengenal serum bulu mata dan cara kerjanya

Menurut dokter spesialis kulit di MDCS Dermatology, Dr Marisa Garshick, MD, FAAD, serum bulu mata adalah perawatan bulu mata topikal yang bekerja untuk memperkuat, menyehatkan, dan mengondisikan bulu mata.

"Serum bulu mata juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan alis, membantu membuatnya terhindar dari kerusakan, serta memberikan penampilan yang lebih tebal dan sehat," katanya.

Sementara itu, ahli kimia kosmetik dan peneliti di NakedPoppy, Marisa Plescia mengungkapkan bahwa sebagian besar serum bulu mata diformulasikan khusus untuk memperkuat bulu mata.

"Beberapa bahan utama yang sering ditemukan dalam serum bulu mata antara lain peptida dan asam amino, minyak biji jarak, serta vitamin E," terangnya.

Peptida sendiri menjadi bahan yang dapat membantu mengaktifkan produksi keratin untuk meningkatkan bulu mata yang lebih tebal dan tampak lebih sehat.

"Melalui mekanisme biologis rumit lainnya, ini dapat membantu melindungi folikel rambut dan mencegah kerontokan," jelas Plescia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.