Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2022, 09:12 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jika dulu investasi sering dikaitkan dengan aset seperti rumah, tanah, dan apartemen, sekarang ini aksesoris mewah semakin dipandang sebagai barang berpotensi untuk investasi.

Kamu mungkin sering mendengar bagaimana suatu tas atau jam tangan bisa dihargai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Nah ternyata, aksesoris mewah tersebut tidak semata digunakan untuk keperluan bergaya, tetapi juga investasi jangka panjang. Karenanya sangat memungkinkan bagi pemilik untuk menjual barang-barang tersebut kelak dengan harga yang lebih tinggi atau setidaknya sama seperti kali pertama dibeli.

Pembicaraan tersebut diangkat oleh para penjual luxury goods dalam rangka menyambut acara Irresistible Bazaar ke-28, salah satu preloved bazaar terbesar di Indonesia, yang akan hadir pada tanggal 30 November - 4 Desember 2022, di Atrium Kemang Village.

Marisa Tumbuan selaku Founder Irresistible Bazaar dan Irres Urban Bazaar, menceritakan bagaimana tren barang-barang preloved dinilai sebagai cara belanja yang pintar di negara-negara maju.

Nah preloved sendiri sebenarnya mengacu pada barang yang telah digunakan sebelumnya dan dijual kembali sebagai barang second.

Baca juga: 5 Tips Membeli Tas Preloved Branded bagi Para Pemula

“(Irresistible Bazaar bisa jadi) tempat bertemu apa yang diinginkan (oleh customer) dan disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Bekas itu kata-kata yang bukan selalu identik dengan barang jelek, lapuk, buluk. (Tapi dalam) preloved itu baru dipakai dua kali (dengan kondisi masih sangat bagus) juga disebut preloved,” tutur Marisa, Senin (21/11/2022).

Menurutnya, preloved dari luxury goods bisa dijadikan opsi sebagai investasi, mengingat likuiditas dari barang tersebut termasuk mudah. Bukan seperti tanah atau tempat tinggal yang membutuhkan waktu lama dan proses panjang untuk berpindah tangan.

Contohnya saja Birkin Bag dari Hermes yang memiliki return tahunan lebih tinggi daripada saham dan emas. Marisa juga melihat hal yang sama pada jam tangan bermerek mengalami kenaikan hingga 2 kali lipat.

Dokumen acara Irresistible Bazaar di Jakarta.Dok Irresistible Bazaar Dokumen acara Irresistible Bazaar di Jakarta.
Melihat perkembangan positif dari tren preloved ini, Irresistible Bazaar ke-28 akan mendatangkan lebih dari 100 store yang menjual beragam branded goods baik pakaian, jam tangan, tas, maupun perhiasan seperti mutiara dan berlian.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.