Kompas.com - 22/11/2022, 10:51 WIB

KOMPAS.com - Bagi beberapa orang, kopi mungkin menjadi salah satu minuman yang dapat membantu mengawali hari.

Sayangnya, kopi tidak selalu sehat dan ada sejumlah kebiasaan minum kopi yang ternyata dapat berkontribusi untuk mempercepat penuaan.

Untuk itu, memerhatikan kebiasaan minum kopi yang baik menjadi kunci untuk mencegah penuaan dini dan masalah kesehatan lainnya.

Baca juga: Waktu Ideal Jeda Bangun Tidur dan Minum Kopi Pagi

Seperti dilansir dari laman Eat This Not That, ahli gizi dan CEO NY Nutrition Group, Lisa Moskovitz, RD, pun membagikan kebiasaan buruk minum kopi yang perlu dihindari guna mencegah penuaan dini sebagai berikut.

1. Mengganti sarapan dengan minum kopi

Banyak yang mengatakan bahwa sarapan adalah makanan terpenting dalam sehari.

Jadi tentu saja, menggantinya dengan kopi tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Menurut Moskovitz, melewatkan waktu makan utama ini dapat menyebabkan pola makan yang kurang bergizi, khususnya yang bertentangan dengan penuaan yang sehat.

Dan menurut berbagai penelitian, melewatkan sarapan dan hanya minum kopi juga bisa menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan yang serius.

Sebuah studi tentang jadwal makan menemukan bahwa pola makan di mana peserta secara teratur melewatkan sarapan dikaitkan dengan penurunan kognitif yang lebih banyak daripada pola makan yang memiliki waktu makan yang lebih seimbang.

Alih-alih melewatkan sarapan dan langsung minum kopi, Moskovitz menyarankan untuk sarapan yang terdiri dari buah segar, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang dikemas dengan serat maupun antioksidan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.