Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com – Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menggelar pesta pernikahan. Beberapa hal tersebut antara lain adalah tempat atau venue, baju pengantin, katering, makeup artist, dan dekorasi, dan undangan.

Terkait undangan, hal ini menjadi salah satu bagian penting dalam pesta pernikahan. Pasalnya, undangan merupakan medium yang digunakan pengantin sebagai ajakan bagi kerabat dan teman-teman untuk hadir di pesta pernikahan.

Oleh sebab itu, undangan pun harus dibuat dengan serius dan tampak pantas di mata pihak yang diundang. Namun, tak sedikit calon pengantin mengatakan bahwa merancang konsep undangan yang pas tidaklah mudah. Selain itu, membuat undangan bisa memakan biaya yang tidak sedikit.

Nah, supaya bisa membuat undangan yang pas dari segi fungsi, tampilan, dan bujet, berikut lima tips yang bisa diikuti oleh calon pengantin.

1. Sesuaikan konsep undangan dengan bujet

Sebelum merancang konsep undangan dan mencari vendor, calon pengantin sebaiknya menentukan terlebih dulu nominal bujet untuk membuatnya. Setelah mengetahui batasan bujet yang dialokasikan untuk undangan, calon pengantin bisa memiliki gambaran konsep dan vendor yang sesuai.

Calon pengantin sebaiknya tidak membuat undangan yang kisaran bujetnya melebihi anggaran karena pos pengeluaran yang lain juga masih ada. Pilih undangan dengan material dan konsep yang sedang-sedang saja, tetapi pantas untuk diberikan kepada orang lain.

2. Persiapkan sejak jauh-jauh hari

Membuat undangan pernikahan konvensional memerlukan waktu yang cukup lama. Selain perlu mempersiapkan konsep, desain, informasi penting di dalam undangan, dan menentukan jumlah undangan, calon pengantin perlu mempertimbangkan waktu produksi yang dibutuhkan vendor.

Calon pengantin sebaiknya menghindari memesan undangan secara mendadak jika ingin hasilnya sempurna. Sebenarnya beberapa calon vendor juga tetap mau melayani pesanan mendadak, tetapi sebagai kompensasinya, biaya pembuatannya jadi lebih mahal. Tentunya, calon pengantin akan merugi.

3. Jangan gegabah dalam merancang konsep undangan

Tidak ada calon pengantin yang mau undangannya terlalu sederhana atau terlalu mewah untuk diwujudkan. Hal ini terkait bujet dan impresi pihak yang diundang terhadap acara pernikahan.

Setiap calon pengantin masing-masing punya konsep dan desain undangan impian. Pikirkan konsep dengan sebaik-baiknya. Pastikan konsep desain undangan sesuai dengan tema acara dan dekorasi pernikahan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.