Kompas.com - 23/11/2022, 11:40 WIB

KOMPAS.com - Kutu air yang terkadang dialami oleh sebagian orang adalah infeksi jamur yang biasanya menyerang kulit pada bagian jari-jari.

Kutu air kerap kali disebabkan oleh kaki yang kondisinya lembap atau berkeringat dan memakai sepatu atau kaus kaki terlalu ketat.

Kondisi tersebut dapat menimbulkan ruam, berisik, dan kemerahan yang disertai rasa gatal, nyeri, bahkan sensasi terbakar.

Dalam beberapa kasus, orang dapat mengalami kondisi lain seperti bisul atau lecet yang bisa sangat menyakitkan apabila kulit kaki bersentuhan dengan benda lain.

Baca juga: Bikin Gatal, Bisakah Kutu Air Menular ke Bagian Tubuh Lain?

Cara mengobati kutu air di rumah

Meski kutu air menimbulkan ketidaknyamanan ketika beraktivitas, untungnya kondisi ini bisa diobati secara mandiri di rumah.

Di bawah ini terdapat 10 perawatan rumahan yang bisa dibilang efektif untuk mengatasi kutu air.

1. Gunakan losion atau salep

Ada beberapa obat luar atau topikal yang dapat digunakan untuk mengobati kutu air dan bisa didapatkan dengan mudah di toko obat.

Obat yang dimanfaatkan bisa berupa salep, bubuk, semprotan, atau bahkan losion yang dapat diaplikasikan pada kulit yang terkena kutu air.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengobati Kutu Air

Apabila kutu air seudah sembuh, obat yang sudah dibeli sebaiknya tetap digunakan selama satu minggu ke depan supaya infeksi jamur tidak datang kembali.

2. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida ternyata dapat membunuh jamur secara efektif pada permukaan kaki serta bakteri di bagian mana pun yang berisiko menyebabkan infeksi.

Halaman:
Sumber Healthline


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.