Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Mengatasi Rasa Belum Siap Menjadi Orangtua

Kompas.com - 23/11/2022, 13:45 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Inge Shafa Sekarningrum dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Menghadapi peran sebagai orangtua memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih saat dihadapkan dengan tanggung jawab yang besar dimana bukan hanya soal mengandung, tetapi seumur hidup.

Membesarkan anak adalah salah satu pekerjaan yang paling menyenangkan, namun juga berat. Dan mungkin membuat calon orangtua merasa tidak siap. Perasaan ragu dan khawatir bisa saja hadir.

Seorang psikolog bernama Erwinda Tri Satya menjelaskan bagaimana cara mengatasi rasa belum siap menjadi orangtua dalam siniar Obrolan Meja Makan episode “Bagaimana Mengatasi Rasa Belum Siap Menjadi Orangtua?” yang bisa diakses melalui dik.si/OMMOrangTua.

Persiapkan Mental

Perasaan belum siap menjadi orangtua yang dirasakan calon orangtua sebuah perasaan yang wajar terjadi. Namun, orangtua tetap bisa mempersiapkan diri untuk menjadi orangtua.

Baca juga: Tips agar Anak Menghargai Makanan

Dirangkum dari SMA Nutrition, berikut yang bisa dipersiapkan calon orangtua dari segi emosional atau mental.

1. Jangan memiliki harapan tidak realistis

“Tidak ada orangtua yang sempurna.”

Di media sosial, mungkin ada banyak sekali orangtua yang tampaknya menjalani kehidupan terbaik mereka. Tetapi kita tidak tahu apa yang sedang mereka hadapi.

Terlebih ketika calon orangtua baru merasakan pertama kalinya jadi orangtua. Kesalahan ibu dan ayah memang akan terjadi dan itu bukan masalah besar, jadi jangan terlalu keras pada diri sendiri.

Daripada kerap menyalahkan diri dan memiliki harapan yang tidak realistis, lebih baik digunakan untuk membaca informasi seputar parenting.

2. Latih diri saat hamil

Luangkan waktu saat hamil. Moms bisa berlatih yoga, mendengarkan musik, melakukan kegiatan-kegiatan yang akan menyenangkan hati.

Selalu buat diri sendiri dalam keadaan yang positif saat hamil.

3. Pikirkan tentang tugas mengasuh anak

Saatnya mengobrol jujur dengan pasangan tentang apa yang diharapkan saat menjadi orang tua. Bicarakan tugas mengasuh anak dan siapa yang akan melakukan pekerjaan rumah.

Bicarakan juga dengan pasangan tugas dan peran sebagai orangtua sehingga ke depannya bisa berjalan selaras.

Mempersiapkan Ilmu Parenting

Ilmu parenting sangat penting untuk calon orangtua. Simak rangkuman dari Kids Health tentang bagaimana pola asuh anak yang harus diperhatikan oleh orangtua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com