Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

10 Tips Hadapi Ketakutan saat Coba Hal Baru

Kompas.com - 23/11/2022, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Inge Shafa Sekarningrum dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Akan ada pertama kalinya untuk apa pun yang kamu pilih untuk dilakukan dalam hidup.

Belajar mengendarai motor dan mobil, berkuliah, wawancara kerja, bekerja, dan lain sebagainya. Wajar jika terkadang kita merasa takut untuk memulai dan menghadapinya.

Banni dan Anya dalam siniar Kosan HAI episode “Semua Tentang Pertama Kali” bercerita tentang pengalaman pertama kali mereka dalam segala hal, yang dapat diakses melalui dik.si/KosanHAIE8.

Keduanya bercerita tentang segala hal pertama kali yang setiap orang pernah lalui, termasuk pertama kalinya pacaran, kencan, dan banyak hal lainnya. Dan seseorang pasti juga pernah merasa nervous saat menghadapinya pertama kali.

Perasaan nervous itulah yang bisa membuat seseorang menjadi takut menghadapi. Takut jika hasilnya tidak sesuai ekspektasi, takut gagal, takut mendapatkan hasil yang buruk. Untuk itu, kita harus menghadapi ketakutan tersebut.

Melansir dari situs NHS Inform, ini dia tips untuk kamu untuk menghadapi rasa takut.

1. Beristirahat Sejenak

Jika kita sedang merasa takut dan cemas, kita tidak akan bisa untuk berpikir jernih dan positif. Hal pertama yang harus dilakukan adalah meluangkan waktu agar kamu tetap bisa tenang secara fisik.

Baca juga: Tips Memilih Kos yang Nyaman agar Lebih Betah

Kamu bisa mengalihkan perhatian dari kekhawatiran selama 15 menit dengan berjalan-jalan di sekitar rumah, membuat secangkir teh, menonton film, mendengarkan musik, atau mandi.

2. Mengatur Napas

Jika kamu merasakan detak jantung lebih cepat berdetak atau telapak tangan berkeringat, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah tidak melawannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.