Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengusir Semut dari Dapur, Bisa Pakai Lemon dan Jeruk

Kompas.com - Diperbarui 25/11/2022, 04:50 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain tikus, kecoak, dan lalat yang kerap kali mondar-mandir di dapur, semut juga sering mendatangi tempat ini untuk mencari makanan.

Semut paling sering berkerumun di tempat sampah, piring atau gelas yang belum dicuci, sisa makanan, termasuk bahan-bahan masakan.

Walau ukuran semut terbilang super kecil, penghuni rumah mana pun tentunya tidak ingin serangga ini menguasai dapur mereka.

Pasalnya, semut yang berkeliaran di tempat tersebut menimbulkan kesan yang jorok bahkan kondisi dalam rumah menjadi tidak enak dipandang.

Baca juga: Tips Membunuh Semut dengan Tepung Maizena

Karena alasan itulah dapur sebaiknya dijaga higienitasnya dengan dijauhkan dari semut yang suka mengerumuni makanan atau minuman.

Cara mengusir semut dari dapur

Penghuni rumah tidak perlu repot-repot memanggil jasa pembasmi serangga untuk menyingkirkan semut dari dapur di rumahnya.

Alasannya, mereka dapat memanfaatkan beberapa cara dan bahan berikut ini untuk mengusir semut supaya tidak menguasai dapur.

1. Tambal celah-celah di rumah

Penghuni rumah sering kali tidak menyadari kalau tempat tinggal mereka memiliki celah-celah yang dapat dilalui oleh semut.

Padahal, menutup jalur semut adalah cara untuk mencegah serangga ini supaya tidak masuk rumah sembarangan.

Baca juga: 7 Tanaman yang Bisa Mengusir Semut dari Rumah

Celah-celah kecil di rumah dapat ditutup menggunakan kasa atau mengganti furnitur kayu yang sudah bolong.

Perhatikan juga celah-celah antara kusen, pintu, dan jendela dengan dinding yang biasanya muncul retakan supaya tidak dimanfaatkan oleh semut untuk lalu-lalang -termasuk di dapur.

2. Taburkan lada

Jangan remehkan kekuatan lada untuk mengusir semut karena bahan rumahan ini dapat dimanfaatkan sebagai pembasmi serangga alami.

Lada bisa ditaburkan ke titik-titik yang kemungkinan besar digunakan semut untuk berkerumun atau lalang.

Bahan rumahan ini dapat dimanfaatkan karena aromanya tidak disukai oleh serangga tersebut dan relatif lebih aman untuk anak dan hewan peliharaan di rumah.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengusir Semut Gula di Rumah

Sindrom Iritasi Usus atau Irritable Bowel Syndrome (IBS) dinilai bisa diringankan gejalanya dengan penggunaan essential oil. Sindrom Iritasi Usus atau Irritable Bowel Syndrome (IBS) dinilai bisa diringankan gejalanya dengan penggunaan essential oil.

3. Minyak esensial

Minyak esensial yang terbuat dari peppermint, lemon, atau kayu manis ternyata ampuh untuk membuat semut angkat kaki dari dapur.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com