Kompas.com - Diperbarui 25/11/2022, 04:50 WIB

KOMPAS.com - Selain tikus, kecoak, dan lalat yang kerap kali mondar-mandir di dapur, semut juga sering mendatangi tempat ini untuk mencari makanan.

Semut paling sering berkerumun di tempat sampah, piring atau gelas yang belum dicuci, sisa makanan, termasuk bahan-bahan masakan.

Walau ukuran semut terbilang super kecil, penghuni rumah mana pun tentunya tidak ingin serangga ini menguasai dapur mereka.

Pasalnya, semut yang berkeliaran di tempat tersebut menimbulkan kesan yang jorok bahkan kondisi dalam rumah menjadi tidak enak dipandang.

Baca juga: Tips Membunuh Semut dengan Tepung Maizena

Karena alasan itulah dapur sebaiknya dijaga higienitasnya dengan dijauhkan dari semut yang suka mengerumuni makanan atau minuman.

Cara mengusir semut dari dapur

Penghuni rumah tidak perlu repot-repot memanggil jasa pembasmi serangga untuk menyingkirkan semut dari dapur di rumahnya.

Alasannya, mereka dapat memanfaatkan beberapa cara dan bahan berikut ini untuk mengusir semut supaya tidak menguasai dapur.

1. Tambal celah-celah di rumah

Penghuni rumah sering kali tidak menyadari kalau tempat tinggal mereka memiliki celah-celah yang dapat dilalui oleh semut.

Padahal, menutup jalur semut adalah cara untuk mencegah serangga ini supaya tidak masuk rumah sembarangan.

Baca juga: 7 Tanaman yang Bisa Mengusir Semut dari Rumah

Celah-celah kecil di rumah dapat ditutup menggunakan kasa atau mengganti furnitur kayu yang sudah bolong.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.