Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membasmi Laba-laba dari Rumah Tanpa Racun, Apa Saja?

Kompas.com - 24/11/2022, 10:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian besar spesies laba-laba di dunia -termasuk yang kerap bersarang di rumah- sebenarnya tidak membahayakan.

Hanya 30 spesies laba-laba yang racunnya dapat menyebabkan sakit hingga kematian dari 43.000 spesies laba-laba yang ditemukan di dunia.

Tapi, tidak sedikit orang yang takut dengan keberadaan hewan berkaki delapan tersebut karena bentuknya yang menyeramkan.

Di samping itu, laba-laba sering kali membuat orang kesal karena mereka suka berkeliaran di dinding dan membuat jaring di banyak tempat.

Tidak mengherankan apabila sebagian orang ingin membasmi laba-laba yang telanjur bersarang di rumah mereka.

Baca juga: Cara Mengusir Laba-laba dari Dalam Rumah

Cara membasmi laba-laba tanpa racun

Kehadiran laba-laba di dalam rumah sebenarnya memiliki dampak positif bagi penghuninya.

Hewan berkaki delapan tersebut dapat mengendalikan populasi serangga yang sering berkeliaran di rumah, seperti kecoak, nyamuk, termasuk kutu busuk.

Namun, kalau keberadaan laba-laba di rumah terasa mengganggu, hewan ini dapat dibasmi dengan cara-cara yang berikut ini.

1. Hilangkan sumber makanan laba-laba

Ada alasan kuat mengapa laba-laba datang ke rumah, menurut Kari Warberg selaku CEO EarthKind -perusahaan pembuat bahan pengusir hama alami.

Ia mengatakan, laba-laba dapat memasuki rumah karena mereka menemukan sumber makanan.

Jadi, langkah awal untuk membasmi hewan adalah dengan menghilangkan sumber makanan yang disukai arthropoda ini, antara lain dengan membasmi serangga lain.

2. Singkirkan kacang kastanye

Belum banyak orang yang mengetahui kalau kacang kastanye memiliki aroma yang membuat laba-laba betah berlama-lama di rumah.

Karena alasan itu makanan ini perlu disimpan dalam wadah tertutup dan jangan biarkan tercecer karena laba-laba menyukainya.

3. Gunakan semprotan cuka

Supaya laba-laba tidak membuat jaring-jaring di belakang lemari, rak buku, atau tempat lain, gunakan campuran cuka, dua sendok sabun cuci piring, dan 20 tetes minyak thyme sebagai semprotan pembasmi alami.

Bahan-bahan tersebut dapat dimasukkan ke dalam botol semprot lalu disemprotkan ke titik-titik yang sering disambangi laba-laba.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com