Kompas.com - 24/11/2022, 11:17 WIB

KOMPAS.com - Bertambah tua itu pasti, tetapi menua dengan lebih baik dan sehat bisa dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya makanan.

Dengan mengonsumsi makanan yang terbukti secara ilmiah dapat membantu mencegah efek negatif penuaan — dari kesehatan mental hingga fisik — kita akan benar-benar terlihat awet muda.

Beberapa makanan tersebut diketahui mengandung banyak nutrisi penting seperti antioksidan, asam elegiac, dan senyawa lainnya yang dapat melawan penuaan.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah daftar makanan sehat yang membantu kita tetap awet muda, sebagaimana dilansir laman Eat This Not That.

Baca juga: 5 Penampilan Flawless Park Min Young, Awet Muda di Usia 36 Tahun

1. Oyster

Penelitian menyebutkan, oyster dapat membantu menangkal kehilangan otot yang berkaitan dengan usia dan melindungi mata kita.

Selain menjadi sumber protein pelindung otot, oyster juga merupakan sumber utama zinc.

"Mineral ini membantu mengubah vitamin A, nutrisi penting untuk kesehatan mata, menjadi bentuk yang dapat digunakan dan mengangkutnya melalui darah," kata Presiden Dewan American Macular Degeneration Foundation (AMDF), Chip Goehring.

"Studi terbaru juga menunjukkan bahwa zinc mampu memperlambat perkembangan degenerasi makula," tambahnya.

2. Jamur shiitake

Jamur shiitake menjadi sumber tembaga, yakni mineral yang penting untuk memproduksi pigmen kulit dan rambut.

Sebuah studi dalam jurnal Biological Trace Element Research menemukan individu yang mengalami penuaan dini memiliki kadar tembaga yang jauh lebih rendah daripada kelompok kontrol.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.