Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Daftar Makanan Sehat yang Bantu Bikin Awet Muda

Kompas.com - 24/11/2022, 11:17 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bertambah tua itu pasti, tetapi menua dengan lebih baik dan sehat bisa dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya makanan.

Dengan mengonsumsi makanan yang terbukti secara ilmiah dapat membantu mencegah efek negatif penuaan — dari kesehatan mental hingga fisik — kita akan benar-benar terlihat awet muda.

Beberapa makanan tersebut diketahui mengandung banyak nutrisi penting seperti antioksidan, asam elegiac, dan senyawa lainnya yang dapat melawan penuaan.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah daftar makanan sehat yang membantu kita tetap awet muda, sebagaimana dilansir laman Eat This Not That.

Baca juga: 5 Penampilan Flawless Park Min Young, Awet Muda di Usia 36 Tahun

1. Oyster

Penelitian menyebutkan, oyster dapat membantu menangkal kehilangan otot yang berkaitan dengan usia dan melindungi mata kita.

Selain menjadi sumber protein pelindung otot, oyster juga merupakan sumber utama zinc.

"Mineral ini membantu mengubah vitamin A, nutrisi penting untuk kesehatan mata, menjadi bentuk yang dapat digunakan dan mengangkutnya melalui darah," kata Presiden Dewan American Macular Degeneration Foundation (AMDF), Chip Goehring.

"Studi terbaru juga menunjukkan bahwa zinc mampu memperlambat perkembangan degenerasi makula," tambahnya.

2. Jamur shiitake

Jamur shiitake menjadi sumber tembaga, yakni mineral yang penting untuk memproduksi pigmen kulit dan rambut.

Sebuah studi dalam jurnal Biological Trace Element Research menemukan individu yang mengalami penuaan dini memiliki kadar tembaga yang jauh lebih rendah daripada kelompok kontrol.

Hanya setengah cangkir jamur shiitake menyediakan 71 persen dari asupan tembaga harian yang direkomendasikan dan hanya 40 kalori.

3. Keju cheddar

Kabar baik bagi para pencinta keju cheddar. Sebab, makanan ini dapat membantu kita tetap awet muda dan menjaga kesehatan gigi.

Baca juga: Kim Keon Hee, Ibu Negara Korea Selatan yang Awet Muda di Usia 50 Tahun

Satu studi dalam jurnal General Dentistry tentang orang-orang yang tidak menyikat gigi selama 48 jam menemukan, mengemil keju cheddar meningkatkan pH mulut mereka ke tingkat yang baru disikat.

Seperti gigi berlubang, perubahan warna meningkat ketika kita memiliki lingkungan asam di mulut.

Ditambah lagi, senyawa dalam keju cheddar yang menempel pada enamel gigi seperti strip putih dapat membantu menangkis asam.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com