Kompas.com - 25/11/2022, 10:14 WIB

KOMPAS.com - Tidak semua orang, baik yang masih anak-anak, remaja, maupun dewasa, dapat berdamai dengan masa lalunya setelah di-bully.

Mereka kemungkinan kesulitan untuk membangkitkan keprcayaan diri dan merasakan berbagai hal karena pengalaman hidupnya yang tak enak.

Ada kecenderungan korban bullying malah melukai diri sendiri atau balik merundung orang lain karena mereka dulunya pernah mengalami bullying.

Oleh sebab itu, penting bagi korban bullying untuk mendapat pendampingan dari orangtua, guru, teman, maupun konselor untuk mengatasi masalahnya.

Tujuannya supaya mereka menjadi pribadi yang lebih baik, luka batinnya tersembuhkan, dan tidak memperpanjang siklus bullying.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Anak Menjadi Korban Bullying, Orangtua Wajib Tahu

Apa itu korban bullying?

Jangan kira korban bullying menjadi sosok yang lebih berempati ketika melihat orang lain, entah teman atau saudara, yang mengalami bullying.

Pasalnya, tidak menutup kemungkinan mereka malah menjadi pelaku berikutnya dari bullying untuk membalaskan dendam masa lalunya.

Dilansir dari Very Well Mind, korban bullying didefinisikan sebagai target pelaku perundungan yang juga menindas orang lain.

Perilaku intimidasi dari mereka muncul setelah berulang kali dirundung supaya mendapatkan kembali kekuatan dalam hidup setelah di-bully.

Nah, orang yang disasar korban bullying yang mau merundung adalah mereka yang lebih lemah atau rentan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.