Muhardis
PNS

Saat ini bekerja sebagai periset di Pusat Riset Bahasa, Sastra, dan Komunitas, BRIN

Gender-isasi Nomina

Kompas.com - 25/11/2022, 12:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BARU-baru ini fenomena lelaki berpakaian ala perempuan kembali mencuat. Hal ini menjadi panas karena yang menjadi subjeknya ialah pelaku peran.

Kasus artis JN dan DD yang berbagi foto mereka dalam balutan pakaian perempuan viral menjadi perbincangan.

Tulisan ini tidak menyasar terkait publik figur tersebut maupun alasan mereka berfoto menggunakan pakaian lintas gender.

Pembahasan lebih difokuskan pada aspek kebahasaan terkait makna dan medan makna yang melekat pada kategori nomina, dalam kasus artis tersebut ialah pakaian.

Nomina atau kata benda secara semantis adalah kata yang merujuk pada nama seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Inilah menariknya definisi nomina, yakni segala yang dibendakan. Mentang-mentang dibendakan, kategori ini pun dikenai gender selayaknya makhluk hidup.

Sederhananya, KBBI mendefinisikan gender sebagai jenis kelamin. Sementara itu, banyak ahli yang menganut pendapat bahwa gender merupakan hasil konstruksi sosial masyarakat, bukan ciptaan Tuhan, seyogianya jenis kelamin.

Sebagai buatan duniawi, tentunya gender bukanlah benda mutlak yang tidak bisa di-utak-atik lagi. Ia berubah sesuai waktu, tempat, dan budaya yang melekat padanya.

Sejak dahulu, pekerjaan memasak, mencuci, dan me-ngasur (membersihkan kasur beserta layanan seksual di atasnya) menempel pada jenis kelamin perempuan. Akan menjadi tabu saat laki-laki melakoni kegiatan masak-memasak dan setipenya.

Pun, memanjat, memperbaiki genteng, bertukang, dan memperbaiki sepeda motor merupakan kegiatan khusus laki-laki.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.