Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buy Better, Wear Longer, Bikin Celana Levi's Jadi "Lebih Awet"

Kompas.com - 25/11/2022, 18:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Celana berbahan jeans selalu diminati oleh banyak orang karena memberikan tampilan yang keren dan cenderung lebih tahan lama.

Kendati demikian, tidak dapat dipungkiri celana jeans juga bisa robek atau menjadi usang jika digunakan secara terus-menerus dalam jangka panjang.

Untungnya, meski celana jeans bisa menjadi usang, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi limbah celana jeans dengan membuatnya lebih berkelanjutan (sustainable).

Nah, bagi yang penasaran, simak beberapa tips membuat celana jeans agar lebih berkelanjutan sebagai berikut.

Baca juga: Celana Jeans Levis dari Abad Ke-19 Laku Terjual Rp 1,3 Miliar

Memperbaiki celana jeans sesuai dengan keinginan

Punya celana jeans yang sudah koyak atau usang bukan berarti kita harus membuangnya.

Saat ini ada banyak cara memperbaiki celana jeans yang sesuai dengan keinginan dan juga membuat celana jeans lebih estetik dari sebelumnya.

Melalui kampanye Buy Better, Wear Longer, merek jeans Levi's sudah menyediakan memiliki Tailorman di Levi's® Tailor Shop untuk dapat memberikan nafas baru pada produk jeans lama yang mungkin perlu diperbaiki.

"Ini adalah bagian dari kampanye kami, di mana kami ingin konsumen lebih conscious," kata Country Marketing Head PT Levi Strauss Indonesia, Adhita Idris saat ditemui dalam acara Wall of Fades di kawasan Pondok Indah, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sambut Tahun Macan, Levis Rilis Kembali Koleksi Red

"Salah satu kampanye ini sebenarnya juga ingin memberitahu para konsumen bahwa celana jeans yang rusak itu bisa tetap diperbaiki dengan sentuhan yang baru, sehingga dapat mengurangi limbah di industri fesyen," jelas dia.

Selain memperbaiki celana jeans di Levi's® Tailor Shop, Adhita juga mengungkapkan bahwa ada beberapa jasa kustom celana jeans lokal yang bisa dimanfaatkan para konsumen untuk mengubah celananya layak untuk dipakai kembali.

Mendaur ulang menjadi barang lain

Cara lain membuat celana jeans lebih berkelanjutan adalah dengan mendaur ulangnya menjadi barang yang lebih bermanfaat (up cycling).

"Istilah zero waste dalam industri fesyen itu mungkin belum benar-benar bisa diterapkan sepenuhnya ya, tapi yang pasti bisa diminimalisir dengan up cycling," ujar Adhita.

Baca juga: Sambut Tahun Macan, Levis Hadirkan Denim Bercorak Loreng

"Dari celana jeans bekas kita bisa mengubahnya menjadi barang-barang yang bernilai seperti totebag, pouch, kursi, dan produk lainnya," terang dia.

Di samping itu, Levi's juga memiliki acara tahunan bertajuk "Recycle Your Jeans", di mana para konsumen dapat menukarkan jeans lama mereka dengan jeans yang baru untuk mendukung upaya berkelanjutan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com