Kompas.com - 25/11/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Anak sering kali melakukan hal-hal yang tidak biasa sepanjang fase tumbuh-kembang mereka menuju dewasa.

Bila sebagian anak suka menggigit kuku atau memasukkan jempol ke mulut, beberapa di antaranya malah punya kebiasaan menggigit pakaian.

Kebiasaan buruk yang satu ini sebenarnya tidak begitu berbahaya, namun orangtua disarankan untuk tidak berdiam diri.

Pasalnya, pakaian milik anak menjadi cepat rusak dan membuat orangtua sungkan ketika si buah hati diajak bertamu ke rumah orang lain.

Lantas, apa sih penyebab anak suka menggigit pakaian?

Penyebab anak suka menggigit pakaian

Faktor yang menyebabkan anak memiliki kebiasaan buruk menggigit pakaian adalah stimulasi oral selama fase perkembangan mereka.

Itu adalah bentuk pengaturan diri anak yang paling mungkin mereka lakukan dan dimanfaatkan sebagai cara untuk menenangkan diri ketika merasa kesal.

Kebiasaan buruk anak menggigit pakaian juga dikaitkan dengan perilaku rooting yang dapat dilihat ketika si buah hati disusui ibunya kala masih bayi.

Rooting adalah refleks pada bayi untuk bertahan hidup dan membantu anak yang masih bayi untuk menemukan puting payudara ibunya atau dot untuk menyusu.

Ketika orangtua dengan lembut membelai sudut mulut bayi dengan putingnya, si kecil secara naluriah akan menoleh ke arah payudara untuk menyusu.

Halaman:
Sumber Moms


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.