Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Menjalani pernikahan jarak jauh tentu bukanlah hal mudah, apalagi jika memiliki anak.

Tanpa komunikasi dan komitmen yang baik, bukan tak mungkin hubungan pernikahan jarak jauh bisa berantakan, sama saja seperti hubungan jarak jauh atau long distance relationship saat berpacaran.

Baca juga: 4 Tips Membangun Rasa Percaya Saat Sedang LDR

Lantas, bagaimana menjaga hubungan pernikahan jarak jauh agar tetap harmonis?

Menurut founder dan CEO dari sekolah pengembangan komunikasi TalkInc, , sebenarnya menjaga hubungan pernikahan jarak jauh hanya memiliki satu kunci yaitu trust atau rasa percaya.Erwin Parengkuan

“Kalau saya sih cuma satu, trust. If you trust your spouse, you'll be free. (Kalau kita percaya pada pasangan, kita pun akan bebas),” ujar Erwin dalam webinar bertajuk TalkInc - Act of Kindness yang digelar pada Kamis (24/11/2022) lalu.

Erwin Parengkuan, Founder & CEO TALKINC dalam sesi virtual press conference Talkinc ?Act of Kindness? di Jakarta (11/24). Erwin Parengkuan, Founder & CEO TALKINC dalam sesi virtual press conference Talkinc ?Act of Kindness? di Jakarta (11/24).
Hal itu pun disetujui oleh psikolog dan facilitator TalkInc Ajeng Raviando yang hadir di acara yang sama.

“Setuju. Landasan suatu hubungan itu trust kan ya? Kalau kita saling percaya, saling menghargai, ada kompromi, kemudian kita juga melakukan toleransi," tambahnya.

"Empat hal tersebut, mau dalam long distance relationship, mau dekat, itu akan membantu kita untuk bisa tetap saling menyayangi,” ujar Ajeng.

Ajeng Raviando, Facilitator of TalkInc & Psychologist dalam sesi virtual press conference Talkinc ?Act of Kindness? di Jakarta (11/24). Ajeng Raviando, Facilitator of TalkInc & Psychologist dalam sesi virtual press conference Talkinc ?Act of Kindness? di Jakarta (11/24).
Ajeng menambahkan, payung dari keharmonisan suatu hubungan, baik itu long distance marriage (pernikahan jarak jauh) maupun jarak dekat adalah kasih sayang.

“Jadi kalau kita memahami empat hal tadi, yang menjadi pilar yang terus menerus harus kita perbaharui,"pesannya.

"Tentunya akan membuat kita menjadi pasangan yang nyaman satu sama lain. Itu akan membuat hubungan kita, mau jauh, mau dekat, akan tetap menjadi satu,” pungkasnya.

Baca juga: Penting, Lakukan 8 Hal Ini agar LDR Tak Berujung Perpisahan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.