Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
drg. Citra Kusumasari, SpKG (K), Ph.D
dokter gigi

Menyelesaikan Program Doktoral di bidang Kariologi dan Kedokteran Gigi Operatif (Cariology and Operative Dentistry), Tokyo Medical and Dental University, Jepang.

Sebelumnya, menempuh Pendidikan Spesialis Konservasi Gigi di Universitas Indonesia, Jakarta dan Pendidikan Dokter Gigi di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Berpraktik di berbagai rumah sakit dan klinik di Jakarta. Ilmu karies, estetik kedokteran gigi, dan perawatan syaraf gigi adalah keahliannya.

Penggunaan Teknologi CAD/CAM dalam Kedokteran Gigi

Kompas.com - 30/11/2022, 17:11 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Penulis: drg. Citra Kusumasari, Sp.K.G.(K), Ph.D.

PENGGUNAAN computer-aided design (CAD) dan computer-aided manufacturing (CAM) semakin luas di berbagai bidang. Pada awalnya teknologi ini dipakai dalam industri manufaktur untuk mendesain dan produksi selama beberapa dekade untuk membuat alat dan suku cadang dengan presisi.

Di dunia kedokteran gigi, CAD/CAM diadopsi pada tahun 1985 untuk mendesain tambalan atau restorasi gigi dan protesa. Sejak itu, CAD/CAM bagi dunia kedokteran gigi semakin maju dan memberikan manfaat bagi para profesional kedokteran gigi dan pasien.

CAD/CAM kedokteran gigi didefinisikan sebagai perangkat lunak yang memungkinkan para profesional di bidang kedokteran gigi untuk melakukan restorasi/penambalan gigi pada kasus kompleks lebih cepat, efisien, dan akurat.

Klinisi dan tekniker gigi menggunakan teknologi CAD/CAM untuk membuat konstruksi seperti mahkota, inlay, onlay, veneer, bridges, gigi tiruan, dan implan yang mendukung restorasi dari keramik berkekuatan tinggi.

Baca juga: Saat Sakit Gigi Menyerang, Kapan Seharusnya untuk Berobat ke Dokter?

Ilustrasi pencetak 3D dalam kedokteran gigi.Dok Patterson Dental Ilustrasi pencetak 3D dalam kedokteran gigi.

Saat ini, penggunaan CAD/CAM sudah tersebar di beberapa klinik gigi besar di seluruh Indonesia.

Yang membedakan teknologi CAD/CAM dengan teknik konvensional dalam pembuatan restorasi adalah jumlah kunjungan dan kenyamanan pasien. Dengan teknologi CAD/CAM pasien yang memiliki keterbatasan waktu dan datang dari lokasi yang jauh, dapat langsung dibuatkan restorasi mahkota dan sebagainya, dalam waktu satu kali kunjungan.

Pasien tidak perlu merasakan ketidaknyamanan dalam proses pencetakan gigi-gigi. Kemudian, material yang digunakan pada teknologi CAD/CAM adalah keramik atau resin komposit. Dari segi ketahanan tidak ada yang membedakan antara teknik pembuatan restorasi dengan CAD/CAM dan konvensional.

Baca juga: Sakit Gigi, Lebih Baik Dirawat daripada Dicabut

Dari segi harga restorasi, tidak ada perbedaan antara CAD/CAM dan metode konvensional, namun teknologi CAD/CAM memang termasuk investasi yang tergolong besar bagi sebuah klinik gigi.

Teknik CAD/CAM lebih dipilih oleh beberapa klinisi karena sangat menguntungkan bagi pasien yang ingin cepat dilakukan pemasangan restorasi giginya, dan untuk pasien dengan kebutuhan estetika yang tinggi (misalnya untuk kasus gigi depan, tidak perlu ada fase penggunaan mahkota sementara yang kurang estetik).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.